Manfaat dan Bahaya Ikan Tongkol Untuk Ibu Hamil

Masa kehamilan membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak untuk menunjang tumbuh kembang janin. Salah satu jenis makanan yang dianjurkan bagi ibu hamil yaitu ikan. Perlu Anda ketahui bahwa ikan untuk ibu hamil merupakan salah satu sumber protein terbaik. Nah, pada kesempatan ini penulis akan mengulas tentang manfaat dan bahaya mengkonsumsi ikan tongkol bagi ibu hamil.

Ikan tongkol merupakan salah satu jenis ikan dengan kandungan nutrisi cukup tinggi. Ikan tongkol mengandung vitamin, protein, lemak dan beberapa mineral penting. Terkait dengan kehamilan, apa saja manfaat ikan tongkol untuk ibu hamil dan efek sampingnya? Untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut ini!

Manfaat Ikan Tongkol

Ikan tongkol tergolong salah satu jenis ikan yang banyak ditangkap oleh para nelayan. Kandungan gizi ikan tongkol diantaranya yaitu kalori, protein, lemak, zat besi, kolin, asam lemak omega-3, kolesterol dan lain-lain.

  1. Mengoptimalkan perkembangan otak

Mengkonsumsi ikan tongkol selama hamil sangat berguna untuk melengkapi kebutuhan nutrisi ibu hamil dan janin. Kandungan asam lemak omega-3 pada tongkol berperan penting dalam mengoptimalkan perkembangan otak janin. Selain itu, dengan mengkonsumsi tongkol maka sangat berguna untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan konsentrasi ibu hamil.

  1. Mencegah penyakit anemia

Kandungan zat besi di dalam ikan tongkol terbukti efektif dalam membantu pembentukan hemoglobin. Dengan mengkonsumsi ikan jenis ini secara teratur maka sangat berguna untuk mencegah anemia pada ibu hamil. Disamping itu, jika sirkulasi darah lancar maka asupan nutrisi untuk janin akan berjalan optimal sehingga perkembangannya tidak terganggu.

  1. Menjaga kesehatan mata

Kandungan omega-3 pada ikan tongkol berguna untuk menjaga kesehatan mata pada ibu hamil. Selain itu, omega-3 bermanfaat untuk mencegah resiko kelainan penglihatan pada janin setelah lahir.

  1. Menjaga sistem pencernaan

Selain untuk kecerdasan dan kesehatan mata, ternyata omega-3 sangat ampuh untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan pada ibu hamil. Omega-3 terbukti ampuh dalam mencegah gangguan pencernaan dan kanker ovarium.

  1. Sumber protein tinggi

Ikan tongkol termasuk jenis ikan yang memiliki kandungan protein cukup tinggi yang berguna untuk menunjang tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Selain itu, protein berperan penting dalam menjaga kesehatan ibu hamil.

Bahaya Mengkonsumsi Ikan Tongkol Bagi Kehamilan

Selain memiliki beragam manfaat, ternyata ikan tongkol juga memiliki efek samping bagi ibu hamil. Apa saja bahaya ikan tongkol bagi ibu hamil? Perlu Anda ketahui bahwa ikan tongkol merupakan salah satu jenis ikan yang mudah menyerap merkuri.

Merkuri merupakan zat berbahaya bagi ibu hamil dan perkembangan janin. Nah, maka dari itu untuk menghindari kemungkinan buruk, sebaiknya ibu hamil benar-benar mengolah ikan tongkol dengan baik sebelum dikonsumsi. Selain itu, batasi konsumsi dan lebih selektif dalam memilih ikan tongkol adalah cara terbaik untuk mencegah kemungkinan buruk yang terjadi pada kehamilan.

Related Posts

Share This