Manfaat Daging Sapi Untuk Ibu Hamil Yang Harus Anda Ketahui

Kecukupan nutrisi pada waktu hamil merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan oleh ibu hamil. Hal ini karena nutrisi yang masuk kedalam tubuh tidak hanya dibutuhkan untuk mencukupi kebutuhan ibu hamil saja, melainkan untuk mendukung tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Nah, salah satu sumber makan yang dianjurkan yaitu konsumsi daging sapi untuk ibu hamil.

Seperti yang kita ketahui bahwa daging sapi kaya akan kandungan zat besi, protein, zinc dan nutrisi penting lainnya. Komponen penting yang terdapat dalam daging sapid an diperlukan oleh ibu hamil yaitu zat besi. Menurut para ahli mengemukakan bahwa kandungan zat besi pada daging sapi 4 kali lbih mudah untuk diserap oleh tubuh.

Zat besi diperlukan untuk membantu pembentukan sel darah merah serta menjaga fungsi tubuh supaya berjalan dengan normal. Jika asupan zat besi kurang maka dikhawatirkan bisa menyebabkan gejala anemia pada ibu hamil. Jika hal ini terjadi maka sangat beresiko terhadap perkembangan janin. Bahkan janin di dalam kandungan rentan terserang infeksi penyakit.

Selain zat besi, daging sapi mengandung protein yang terbilang cukup bagus untuk mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil. Bahkan unsure zinc dalam daging sapi sangat berguna untuk meningkatkan imun tubuh ibu hamil dan janin.

Sama halnya dengan ibu hamil, janin didalam kandungan juga memerlukan asupan protein, zinc dan zat besi untuk menunjang tumbuh kembangnya secara optimal. Kandungan nutrisi yang berasal dari daging sapi tersebut akan diserap oleh janin melalui plasenta. Kandungan unsure zinc pada daging sapi berguna untuk pertumbuhan sel dan meningkatkan kecerdasan si kecil.

Zinc, zat besi dan protein memiliki peranan yang sangat penting dalam mendukung perkembangan janin. Bahkan zat besi merupakan unsure nutrisi yang berperan penting dalam menjaga kesehatan plasenta sehingga proses transfer nutrisi dari ibu untuk janin bisa berlangsung secara optimal.

Porsi daging sapi yang disarankan untuk ibu hamil yaitu sekitar 225-300 gram per pekan. Untuk melengkapi kebutuhan protein maka bisa mengkombinasikan daging sapi dnegan tempe, kacang-kacangan, tahu, ikan dan ayam.

Ibu hamil membutuhkan asupan zat besi lebih banyak jika dibandingkan dengan wanita yang tidak hamil. Direkomendasikan bagi ibu hamil supaya mencukupi kebutuhan zat besi sekitar 27 mg setiap harinya. Nah, kebutuhan zat besi tersebut bisa dipenuhi melalui asupan daging sapi dan konsumsi makanan lainnya.

Daging sapi yang akan dikonsumsi oleh ibu hamil sebaiknya daging sapi tanpa lemak. Selain itu cara pengolahan daging sapi harus dilakukan dengan benar sehingga terbebas dari kuman dan bakteri yang kemungkinan menempel pada daging tersebut. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517