Manfaat Buah Pisang Untuk Mengatasi Diare Pada Bayi

Halo bunda, penting untuk bunda ketahui bahwa diare pada bayi kerap kali menyerang si kecil. Mengapa? Karena balita akan sangat rentan mengalami permasalahan sistem pencernaan ini. Dan jika bunda tidak mengatasi permasalahan ini pada si kecil, maka diare pada bayi ataupun balita bisa menyebabkan dehidrasi serta sejumlah masalah yang lebih buruk lainnya. Nah, guna mengatasi diare pada bayi, bunda bisa mengandalkan buah pisang sebagai salah satu obat guna mengganti elektrolit pada bayi yang mengalami diare.

pisang untuk bayi diare

Komplikasi yang kerap di alami ketika bayi mengalami diare yaitu resiko munculnya dehidrasi. Ketika masalah ini menyerang si kecil, maka bunda bisa mengatur makan sehat si kecil. Bunda bisa menawarkan sejumlah cairan yang bening, seperti air mineral, jus anggur atau bahkan kaldu agar tubuh di kecil bisa tetap terhidrasi. Bukan hanya itu, diare pada bayi juga bisa menguras sejumlah elektrolit yang ada di dalam tubuh si kecil, sehingga ketika masalah tersebut terjadi pada si kecil, maka bunda bisa menawarkan minuman atau bahkan makanan yang memang bisa menggantikan elektrolit yang hilang pada tubuh si kecil, salah satunya yaitu buah pisang, karena buah pisang ini bisa menggantikan elektrolit pada tubuh si kecil yang hilang.

Mengapa pisang? Karena buah pisang memiliki kandungan kaya akan kalium, dan kalium ini merupakan salah satu jenis elektrolit yang ada di dalam tubuh si kecil. Mungkin saja kadar kalium si kecil akan menurun ketika ia mengalamu diare, terutama ketika bayi diare dalam jangka waktu yang lama, dan itu akan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuhnya.

Buah pisang ini memiliki keuntungan yang lebih dari jenis buah lainnya, yakni memiliki kandungan kalium yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan beberapa jenis makanan atau minuman elektrolit lainnya yang jelas di rancang untuk di konsumsi si kecil. Bukan hanya itu, buah pisang juga memiliki kandungan prebiotic, yakni jenis makanan untuk bakteri usu baik probiotik.

Jika si kecil tidak mau secara langsung mengkonsumsi buah pisang, maka bunda bisa mencari cara lain agar ia mau mengkonsumsi buah pisang, salah satunya yaitu bunda bisa mengolah buah pisang menjadi jus atau bahkan bisa memberikan sedikit madu pada pisang yang akan di berikan kepada si kecil.

Penting untuk bunda ketahui, bahwa satu buah pisang yang memiliki ukuran sedang memiliki kandungan lebih dari 300 mk kalium, hal ini diutarakan berdasarkan urayan dari Colorado State University Extension. Akan tetapi, buah pisang ini bukanlah satu-satunya sumber kalium, masih banyak lagi diantaranya jenis buah atau makanan yang memiliki kandungan kalium, seperti buah alpukat dan juga yoghurt.

Nah, itulah manfaat buah pisang yang baik digunakan ketika si kecil mengalami diare pada bayi. Semoga informasi yang kami bagikan kali ini bisa sangat membantu bunda semua dalam mengatasi diare pada si kecil.

Related Posts

Share This