Manfaat Black Garlic Untuk Kesehatan

Bawang putih hitam atau black garlic saat ini sedang menjadi perbincangan karena dianggap sebagai makanan sehat. Black garlic bisa dengan mudah diperoleh di swalayan-swalayan yang ada di kota Anda. Lalu apa sebenarnya kelebihan dari bawang putih hitam ini sehingga dianggap sebagai makanan sehat dan kaya manfaat?

Perlu Anda ketahui bahwa bawang putih hitam adalah salah satu makanan kuno yang pertama kali diolah atau dibuat di Korea kurang lebig 4.000 tahun yang lalu. Namun kini makanan ini kembali banyak digemari oleh ahli gizi dan pelaku hidup sehat.

Para ilmuwan telah meneliti dan menemukan banyak khasiat serta manfaat yang sejatinya tidak terdapat pada bawang putih biasa. Pengolahan bawang putih hitam yaitu melalui proses penuaan selama kurang lebih 3 minggu.

Pengolahannya dengan cara diproses pada keadaan panas dan lembab sehingga akan membentuk seperti caramel pada bagian daging bawang tersebut. Bahkan akan membentuk rasa semakin kuat. Nah asam amino dan gula akan membentuk melanoidin sehingga bagian daging bawang putih akan berubah menjadi warna hitam.

Dari proses penuaan bawang tersebut akan menghasilkan khasiat yang luar biasa seperti menurunkan tekanan darah, mengatasi demam dan bahkan untuk detoksifikasi dari logam berlebih yang masuk kedalam tubuh. Lalu apa lagi manfaat black garlic untuk kesehatan? Simak penjelasan berikut ini.

Menurunkan Kolesterol

Salah satu manfaat yang bisa diperoleh dari bawang putih hitam yaitu untuk menurunkan kolesterol. Hal ini karena bawang putih hitam mengandung  sejumlah konsentrasi tinggi dari senyawa S-allylcysteine.

Menurut seorang ahli gizi mengemukakan bahwa dalam selama proses fermentasi tersebut, senyawa allicine atau yang membuat bau khas pada bawang putih mentah akan menjadi S-allicysteine. Selain itu dari hasil riset lain menemukan bahwa konsumsi secara rutin bawang putih hitam secara intensif akan lebih mudah dalam mengatasi kolesterol tinggi.

Mencegah Resiko Terkena Kanker Usus

Dari hasil riset para ilmuwan pada Tahun 2014 menemukan bahwa ekstrak dari bawang putih hitam bisa menghambat laju pertumbuhan jalur dari sel-sel kanker usus yang sangat ganas. Hal ini tentuny bisa menjadi salah satu terobosan dan penemuan yang luar biasa untuk menjadikan bawang putih hitam sebagai obat penangkal kanker usus di masa mendatang.

Tinggi Kandungan Antioksidan

Hasil penelitian tentang bawang putih hitam menemukan bahwa kandungan antioksidan pada bawang putih hitam lebih tinggi jika dibandingkan dengan bawang putih biasa. Manfaat dari tingginya kandungan antioksidan tentunya bisa mencegah komplikasi penyakit diabetes.

Selain itu, antioksidan juga berperan penting dalam memperbaharui sel-sel yang mengalami kerusakan dan tentunya mencegah terjadinya penuaan dini. Antioksidan juga berperan penting dalam mencegah sel kanker.

Nah, demikian manfaat black garlic untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Jika dikonsumsi secara teratur tentunya sangat berguna untuk tubuh dalam menghindari berbagai penyakit ganas seperti tumor maupun kanker.

Black garlic bisa Anda peroleh di swalayan atau supermarket. Harganya terjangkau, namun manfaatnya sangat luar biasa sehingga Anda tidak perlu ragu untuk membeli dan mengkonsumsinya mulai saat ini.

Seperti halnya bawang putih biasa, bawang putih hitam juga bisa Anda konsumsi sebagai rempah dalam masakan. Sebab jika dikonsumsi secara langsung mungkin rasanya kurang enak sehingga lebih baik dijadikan sebagai bumbu atau penyedap makanan saja.

Semoga ulasan mengenai manfaat black garlic ini menjadi referensi yang bermanfaat bagi Anda sekalian. Salam Sehat.

 

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517