Manfaat Berolahraga Bagi Kesehatan Ibu Hamil

Pada dasarnya, ibu hamil membutuhkan perhatian khusus dalam hal mental dan fisik. Kondisi mental yang baik dan tidak stres akan lebih menyenangkan dalam menjalani kehamilan. Selain itu, kesehatan fisik juga sangat penting untuk mendukung pertumbuhan janin di dalam kandungan. Untuk mendapatkan kondisi tubuh yang sehat, ibu hamil membutuhkan asupan makanan yang sehat dan bergizi. Selain itu, kebugaran fisik ibu hamil juga harus dijaga dengan cara rajin bergerak atau berolahraga. Melakukan olahraga khusus ibu hamil secara rutin akan membuat kondisi tubuh tetap bugar dan akan mempermudah proses persalinan. Akan tetapi kadang banyak orang yang malas untuk melakukan olahraga, apalagi ketika hamil.

Manfaat Berolahraga Bagi Kesehatan Ibu Hamil

Ada Beberapa Manfaat Yang Bisa Dirasakan Oleh Ibu Hamil Yang Rutin Berolahraga

Menghilangkan rasa tidak nyaman. Rutin melakukan olahraga akan membuat ibu hamil terhindar dari beberapa hal yang membuat tidak nyaman selama masa kehamilan seperti sakit pada punggung ataupun pegal-pegal pada bagian tubuh lainnya. Berolahraga akan memperkuat otot-otot dan melancarkan aliran darah sehingga membuat ibu hamil menjadi lebih rileks dan nyaman.

Menghilangkan rasa stres. Berolahraga secara rutin selama hamil akan memicu produksi hormon serotonin di dalam tubuh sehingga membuat ibu hamil lebih bersemangat dan lebih nyaman dalam menjalani kehamilan. Perasaan yang tenang dan nyaman akan menjauhkan Anda dari stress selama hamil yang bisa berbahaya bagi janin.

Menambah energi. Menjalani masa kehamilan biasanya akan menguras energi dan membuat ibu hamil cepat merasa kelelahan. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan rajin berolahraga ringan minimal 30 menit setiap harinya. Sistem kardiovaskuler akan menjadi kuat dan Anda tidak akan mudah lelah serta senantiasa selalu berenergi merupakan manfaat olahraga yang Anda jalani selama masa kehamilan.

Berguna untuk persiapan menjelang persalinan. Untuk menjalani proses persalinan, Anda membutuhkan kodisi tubuh yang bugar dan otot-otot tubuh yang kuat. Hal ini karena semakin bagus dan kuat kondisi tubuh maka akan semakin memudahkan Anda dalam menghadapi persalinan.

Kualitas tidur jadi lebih baik. Ibu hamil biasanya akan mengalami permasalahan tidur yang kurang nyenyak karena tidak nyaman dengan kondisi tubuh yang semakin membesar.  Akan tetapi hal tersebut bisa diatasi dengan rutin berolahraga. Rasa cape ketika berolahraga akan membuat ibu hamil tidur lebih nyenyak dan nyaman.

Manfaat olahraga bagi kesehatan ibu hamil yang selanjutnya yaitu menjaga berat badan. Menjaga kebugaran saat hamil sangat penting bagi ibu hamil. kondisi berat badan yang tidak dijaga selama kehamilan akan memberikan dampak yang kurang baik bagi kesehatan dan perkembangan janin. Selain itu, kelebihan berat badan pada waktu hamil akan menyebabkan ibu hamil kesulitan untuk mengembalikan berat badan ideal setelah melahirkan. Maka dari itu, rutin berolahraga setiap hari selama kehamilan akan berguna untuk menjaga berat badan yang ideal.

Berolahraga memang sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Akan tetapi, sebelum melakukan aktivitas tersebut sebaiknya Anda melakukan konsultasi dan meminta saran dari dokter kandungan supaya olahraga yang Anda jalani tidak membahayakan janin di dalam kandungan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517