Manfaat Berenang Untuk Ibu Hamil

Siapa bilang selama menjalankan kehamilan Anda tidak di anjurkan olahraga? Faktanya berenang merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat baik yang bisa di lakukan selama kehamilan. Dan banyak sekali manfaat berenang untuk ibu hamil.

Dan salah satu alasan yang memang paling sering di ungkapkan oleh ibu hamil dalam memilih olahraga berenang yaitu, karena berenang saat hamil bisa membuat diri merasa lebih rileks dan merasa lebih ringan. Dan pastinya perasaan ini jauh lebih menyenangkan, terutama untuk para ibu hamil yang usia kehamilannya memasuki trimester ketiga.

Bukan hanya itu, berenang juga termasuk kedalam salah satu jenis olahraga yang memiliki resiko cidera yang kecil. Ketika bumil berenang, maka bumil juga tidak akan merasakan kegerahan. Nah, di bawah ini ada beberapa manfaat berenang untuk ibu hamil, yaitu sebagai berikut:

  1. Berenang untuk ibu hamil mampu melancarkan sirkulasi darah
  2. Meningkatkan fungsi jantung dan paru-paru
  3. Meningkatkan kekuatan dan pembentukan otot. Berenang dapat membuat otot-otot rahim dan panggul lebih kuat sehingga bisa memudahkan ibu saat bersalin.
  4. Menambah daya tahan tubuh
  5. Mengurangi pembengkakan saat hamil
  6. Membakar kalori
  7. Tidur lebih nyenyak
  8. Mengusir lelah

Setelah Anda mengetahui manfaat dari berenang, pastinya Anda tidak akan ragu lagi bukan, untuk berenang ketika hamil. Akan tetapi, selain Anda memahami kegunaannya, Anda juga perlu untuk mengetahui tips aman ketika berenang pada ibu hamil,.

Jika Anda sudah mulai rutin berenang sebelum Anda hamil, maka aktivitas ini pastinya tidak akan menjadi satu masalah besar jika Anda melanjutkannya walaupun Anda tengah hamil. Akan tetapi, jika sebelumnya Anda tidak sering berenang, maka sebaiknya Anda mengkonsultasikan terlebih dahulu hal ini kepada dokter.

Nah, ketika Anda tengah berada di dalam air, biasanya Anda tidak akan merasakan haus. Nah, James M. Pivarnik, Ph.D dari Michigan State University mengatakan, walaupun tidak ada rekomendasi yang resmi terkait jumlah air yang harus di minum ketika berolahraga, namun sebaiknya Anda minum satu gelas air mineral sebelum melakukan olahraga renang.

Bagi Anda yang memasuki usia kehamilan trimester pertama, maka Anda dianjurkan untuk berenang selama 30 menit setiap harinya. Dan berenang akan baik di lakukan di pagi garu guna mengurangi rasa mual juga muntah. Bukan hanya itu, berenang di pagi hari juga bisa memberikan tambahan energi pada ibu hamil untuk Anda beraktivitas sepanjang harinya.

Sedangkan untuk ibu hamil yang masih berusia trimester kedua, maka tidak ada batasan tertentu ketika berenang. Jikapun ada yang di butuhkan, yaitu baju berenang khusus ibu hamil agar Anda merasa jauh lebih nyaman ketika Anda bergerak. Dan untuk gayi berenang ketika hamil, Anda bisa melakukan gaya dada, gaya bebas, serta gaya punggung.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517