Manfaat Berenang Untuk Bayi Dalam Mengoptimalkan Perkembangannya

Berenang bisa Anda ajarkan pada anak sejak masih bayi. Pada umumnya anak-anak menyukai permainan air sehingga untuk mengajarkan kebiasaan baik ini tidak akan sulit. Menurut penelitian para ahli mengatakan bahwa bayi yang diajak berenag cenderung merasa nyaman dan tidak rewel. Selain itu, manfaat berenang bagi bayi adalah untuk melatih motoriknya.

Sebelum Anda mengajak si kecil berenang, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Salah satunya yaitu faktor keamanan si kecil pada waktu berenang. Disamping itu ada beberapa persiapan yang harus Anda lakukan seperti mempersiapkan tempat berenang khusus bayi dan mengatur suhu air. Sesuaikan kedalaman air dengan usia bayi. Begitupun dengan air yang akan digunakan, sebaiknya jangan menggunakan air dingin karena akan membuat bayi masuk angin. Suhu air yang digunakan yaitu berkisar 33 derajat atau air hangat. Dengan begitu manfaat berenang untuk bayi akan berpengaruh nyata terhadap perkembannya.

Simak Beberapa Manfaat Berenang Untuk Bayi Berikut Ini

  1. Merangsang perkembangan motorik

Manfaat berenang bagi balita yang pertama yaitu untuk merangsang perkembangan motorik. Dengan mengajarkan si kecil berenang maka akan mengoptimalkan pertumbuhan, memperkuat persendian dan otot-otot tubuh. Ketika berada di dalam air maka refleks dari gerak tubuh si kecil akan terlatih. Sebagai contohnya yaitu melatih pergerakan tangan, kaki, kepala dan bagian tubuh lainnya untuk bergerak secara optimal.

  1. Melatih keberanian dan percaya diri

Mengajarkan kebiasaan berenang pada anak sejak dini sangat bermanfaat untuk melatih keberanian dan menumbuhkan rasa percaya diri. Dengan demikian ketika anak tumbuh dewasa maka akan memiliki keberanian dan rasa percaya diri untuk mengatasi permasalahan hidup. Disamping itu juga, kebiasaan baik ini akan menjadi hobi positif ketika anak tumbuh dewasa.

  1. Meningkatkan kecerdasan

Berenang tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik saja, namun berenang juga akan berdampak positif terhadap kecerdasan anak. Menurut sebuah penelitian bahwa anak-anak yang dilatih berenang sejak masih bayi memiliki tingkat kecerdasan dan konsentrasi yang lebih baik. Hal ini karena anak yang dilatih berenang cenderung memiliki tingkat kewaspadaan dan rasa percaya diri ketika berada di dalam air.

  1. Mengajarkan hidup sehat

Secara tidak langsung ketika Anda mengajarkan anak untuk berenang maka Anda juga telah mengajarkan hidup sehat. Aktivitas berenang yang dilakukan secara rutin sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan paru-paru.

  1. Memperkuat ikatan batin

Mengajarkan berenang akan semakin mempererat ikatan batin Anda dengan si kecil. Selain itu, kontak fisik dengan bayi akan semakin menumbuhkan rasa kasih sayang. Dengan begitu si kecil akan merasa nyaman sehingga berdampak positif terhadap perkembangannya.

Jika Anda mengajak si kecil berenang di kolam renang, sebaiknya pilih kolam renang yang bersih untuk mencegah penularan penyakit. Selain itu, gunakan pelampung yang menunjang keselamatan si kecil ketika berada di kolam renang tersebut.

Related Posts

Share This