Manfaat Beras Merah Untuk Bayi

Halo bunda! Pada kesempatan ini kami akan membahas artikel mengani manfaat beras merah untuk bayi. Apakah bunda tahu, kalau beras merah ini juga sangat baik untuk bunda berikan kepada si kecil, karena kandungan yang ada di dalamnya. Bahkan telah di ketahui oleh umum, bahwa beras merah ini juga lebih baik untuk di konsumsi jika dibandingkan dengan beras putih.

Bukan hanya itu bunda, beras merah untuk bayi juga merupakan salah satu jenis makanan yang baik untuk di gunakan sebagai makana pendamping ASI, bahkan beras merah juga bisa di gunakan sebagai alternative bagi mereka yang tengah menjalankan program diet.

Kandungan nutrisi yang ada di dalam beras merah juga sangat baik untuk kesehatan si kecil. Mengapa? Karena di dalam beras merah memiliki kandungan mineral yang cukup tinggi, seperti zat fenolat, selenium, asam amino triptofan, magnesium maupun asam lemak alfalinolenat. Bukan hanya itu, manfaat beras merah juga diakui mampu menyulap energi secara berkala pada tubuh si kecil, sehingga si kecil tidak mudah untuk merasa lapar.

Berikut ini ada beberapa manfaat beras merah untuk bayi yang harus bunda ketahui, yaitu sebagia berikut:

  1. Membuat bayi tidur lebih lelap

Zat tepung yang terkandung di dalam beras merah mampu meningkatkan serotonin di dalam otak si kecil, yang mana berfungsi untuk mengatur porsi tidur si kecil. Sedangkan kandungan glycemic index yang ada di dalamnya juga mampu membantu si kecil dalam mengatur kadar gula yang ada di dalam darahnya.

Dengan bunda memberikan beras merah kepada si kecil, maka si kecil akan mendapatkan tidur yang nyenyak serta tidak mudah terbangun atau terganggu di malam harinya dengan alasan mereka kelaparan.

  1. Mencegah sembelit

Beras merah juga memiliki kandungan serat yang memang tidak bisa larut di dalam air. Mengkonsumsi beras merah juga bisa mencegah terjadinya sembelit pada bayi. Bunda bisa mengupayakan untuk memberikan nasi beras merah kepada si kecil yang memang kerap kali mengalami susah buang air besar.

Serat yang terkandung di dalam beras merah juga mampu membantu menyerap air, sehingga kotoran yang ada di dalam tubuh akan menjadi lebih lunak serta mudah untuk di keluarkan. Mengkonsumsi nasi merah juga bisa membuat si kecil menjadi jauh lebih sehat.

  1. Vitamin B1, B6 juga B12 yang cukup tinggi

Hal ini sangat cocok untuk membantu tumbuh kembang si kecil, karena vitamin yang terkandung di dalam beras merah mampu memicu pembentukan energi yang ada di dalam sel tubuh.

  1. Kandungan Gizi Pada Kulit

Kulit ari beras merah juga memiliki manfaat yang baik untuk si kecil, karena mengandung zat yang sangat baik untuk membantu perkembangan otak si kecil dalam masa pertumbuhannya.

Simak juga : Resep Tim Beras Merah Untuk Bayi 9 Bulan Keatas

  1. Kaya Mineral

Beras merah juga kaya akan mineral, yang memang sangat bermanfaat untuk membantu pertumbuhan gigi, rambut, tulang serta otot si kecil.

  1. Zat Besi

Beras merah juga memiliki kandungan zat besi, yang cukup untuk memenuhi asupan zat besi si kecil.

  1. Zat Tiamin

Selain itu, beras merah juga memiliki kandungan zat tiamin yang baik untuk perkembangan jaringan syaraf dan jantung bayi juga memiliki kandungan zat fosfor yang bermanfaat untuk perkembangan system rangka bayi.

Related Posts

Share This