Manfaat Beras Merah Bagi Bayi Sebagai MPASI

Beras merah tergolong salah satu sumber makanan yang bisa Anda perkenalkan pada bayi dalam tahap MPASI. Beras merah menyediakan banyak nutrisi dan manfaat untuk membantu proses tumbuh kembang bayi di setiap tahapnya. Elemen penting yang terdapat pada beras merah diantaranya yaitu vitamin, mineral, serat, protein, karbohidrat kompleks, lemak, air dan nutrisi penting lainnya. Terkait dengan kandungan nutrisi tersebut sehingga tidak heran jika manfaat beras merah untuk bayi sangat banyak.

Beras merah memiliki manfaat yang lebih unggul jika dibandingkan dengan beras putih pada umumnya. Hal ini karena bera merah menyediakan beberapa nutrisi penting untuk bayi seperti vitamin B1, vitamin B6 dan vitamin B12. Nah, nutrisi tersebut berkontribusi dalam membantu tumbuh kembang bayi.

Kulit ari pada beras merah menyediakan nutrisi penting untuk menunjang pertumbuhan otak bayi. Bahkan beberapa mineral pada beras merah mencukupi supan nutrisi untuk menunjang pertumbuhan gigi, rambut, otot dan tulang bayi. Kandungan serat pada beras merah cukup tinggi sehingga berguna untuk kesehatan pencernaan bayi.

Beras merah juga mengandung zat besi yang mendukung pembentukan hemoglobin untuk kebutuhan dalam setiap tahap perkembangan bayi. Selain itu, beras merah juga mengandung tamin untuk perkembangan jaringan dan sistem saraf serta kesehatan jantung bayi.

Disamping itu bahkan beras merah juga mengandung posfor untuk perkembangan sistem saraf rangka pada bayi. Jika diberikan secara rutin dan teratur maka akan memberikan dampak positif untuk tidur bayi. Hal ini karena kandungan nutrisi pada beras merah akan menstimulus produksi serotonin di dalam jaringan otak bayi.

Serotonin memiliki fungsi dalam mengatur tingkat kantuk bayi sehingga akan memiliki pola tidur yang lebih baik setiap malamnya. Dengan begitu maka proses tumbuh kembangnya akan berlangsung dengan baik sebab proses tersebut lebih banyak terjadi ketika bayi sedang tidur.

Disamping itu, beras merah memiliki kandungan gula yang seimbang sehingga hal ini berguna untuk mencegah bayi supaya tidak mudah lapar pada malam hari yang mengganggu kualitas tidurnya. Pada dasarnya beras merah menyediakan banyak nutrisi dan manfaat untuk melengkapi kebutuhan nutrisi bayi dalam masa pertumbuhan.

Beras merah bisa Anda sajikan untuk bayi dengan cara diolah menjadi bubur ataupun nasi tim dengan campuran bahan lain jika usia si kecil sudah menginjak 8 bulan. Bubur beras merah untuk bayi usia 6 bulan keatas akan menjadi sajian yang disukai bayi. Selain itu nutrisinya yang berlimpah menjadikan bubur beras merah ideal untuk bayi sebagai MPASI.

Demikian manfaat beras merah untuk bayi. Sajikan beras merah dengan berbagai olahan sehingga bayi tidak mudah bosan. Sajikan dengan kreatif untuk menambah citarasa sehingga bayi Anda memperoleh nutrisi yang lebih baik.

Related Posts

Share This