Manfaat Bayam Sebagai Sayuran Untuk Ibu Hamil

Selain buah-buahan, ibu hamil juga dianjurkan untuk mengkonsumsi sayuran dalam melengkapi kebutuhan nutrisi selama hamil. Bayam merupkan salah satu jenis sayuran untuk ibu hamil yang memiliki banyak manfaat. Sayuran yang satu ini tergolong sangat mudah diperoleh dan tidak perlu menguras isi dompet.

Bayam tergolong kedalam kelompok sayuran berdaun hijau. Salah satu manfaat bayam untuk ibu hamil yaitu sebagai sumber zat besi dalam membantu pembentukan hemoglobin. Selain itu, menurut ahli kesehatan menuturkan bahwa kandungan protein pada bayam setara dengan telur ataupun ikan.

  1. Mencegah anemia

Manfaat sayur bayam untuk ibu hamil yaitu untuk membentu pembentukan sel darah merah sehingga mencegah penyakit anemia pada waktu hamil. Semakin pesatnya perkembangan janin maka ibu hamil sangat beresiko mengalami penyakit anemia. Oleh karena itu, konsumsilah bayam secara teratur pada waktu hamil untuk menunjang kehamilan yang sehat.

  1. Mencegah cacat pada bayi

Kandungan folat pada bayam sangat efektif untuk menjaga kesehatan sistem saraf sehingga mencegah cacat pada bayi. Biasanya bayi yang kekurangan asam folat akan lahir dalam keadaan cacat.

  1. Menekan resiko lahir prematur

Dengan mengkonsumsi bayam secara teratur maka sangat berguna untuk melengkapi kebutuhan nutrisi bayi. Dengan begitu maka akan menekan resiko terjadinya kelahiran secara prematur.

  1. Mencegah sembelit

Pada umumnya semua jenis sayuran memiliki kandungan serat, tak terkecuali bayam. Kandungan serat pada bayam sangat bermanfaat untuk mencegah sembelit dan gangguan pencernaan lainnya pada waktu hamil.

  1. Menstabilkan tekanan darah

Kandungan nitrat pada bayam sangat berguna untuk menstabilkan tekanan darah. Hipertensi merupakan gangguan kesehatan yang rentan terjadi pada ibu hamil akibat tekanan darah yang rtidak stabil. Maka dari itu konsumsilah bayam secara teratur dan rutin selama kehamilan.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Bayam termasuk salah satu jenis sayuran yang memiliki kandungan vitamin C cukup tinggi. Manfaatnya yaitu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil dan menjaga kesehatan janin di dalam kandungan.

  1. Sumber kalsium

Kandungan kalsium pada bayam sangat berguna untuk membantu mengoptimalkan pembentukan tulang dan gigi janin. Selain itu, kalsium berguna untuk memelihara kesehatan tulang dan gigi ibu hamil.

  1. Mengatasi keluhan pada waktu hamil

Mengkosumsi bayam secara teratur sangat berguna untuk mengatasi keluhan pada waktu hamil. Salah satu contohnya yaitu membantu mengatasi sakit pinggang, punggung, otot-otot pada kaki dan pinggul.

Nah, demikian manfaat luar biasa sayur bayam untuk ibu hamil. Konsumsilah sayur/tumis bayam dalam keadaan hangat dan jangan dikonsumsi setelah dingin. Mengapa demikian? Hal ini karena jika bayam terlalu lama terpapar oleh udara (teroksidasi) maka sangat berbahaya dan menjadi racun bagi ibu hamil dan janin.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517