Manfaat Asam folat Untuk Ibu Hamil dan Perkembangan Janin

Semua ibu hamil pastinya mengharapkan bayi yang sehat dan terlahir secara normal. Untuk mewujudkan itu semua ibu hamil harus mencukupi semua kebutuhan nutrisi dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi. Salah satu kebutuhan nutrisi yang harus dipenuhi oleh ibu hamil yaitu asam folat atau vitamin B9. Asam folat merupakan salah satu jenis vitamin yang dibutuhkan oleh ibu hamil yang berguna untuk menciptakan sel-sel baru di dalam tubuh dan menunjang perkembangan janin.

Asam folat untuk ibu hamil

Asam folat sebenarnya bisa dihasilkan oleh enzim di dalam tubuh, akan tetapi tidak akan bisa mencukupi kebutuhan tubuh selama hamil. Oleh karena itu, diperlukan asupan makanan yang mengandung nutrisi tersebut. Asam folat mengandung banyak manfaat untuk perkembangan janin di dalam kandungan. Mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat sangat berguna untuk mencegah bayi lahir cacat pada bagian otak atau tulang belakang. Oleh karena itu penting sekali bagi wanita hamil untuk mengetahui berbagai macam manfaat asam folat.

Asam Folat Sangat Penting Bagi Ibu Hamil Dan Perkembangan Janin

Asam folat merupakan salah satu jenis vitamin yang banyak terdapat pada sayuran berwarna hijau.  Selain itu, asam folat banyak ditemukan pada kacang-kacangan dan sereal. Asam folat sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mencegah penyakit anemia. Ibu hamil yang kekurangan asam folat lebih cenderung mudah merasa lesu, lemah dan letih. Selain itu, kekurangan asam folat sangat beresiko terjadinya keguguran pada ibu hamil.

Kebutuhan asam folat untuk ibu hamil sebesar 400 mikrogram per hari atau setara dengan dua gelas susu. Sebenarnya asam folat tidak hanya dibutuhkan ketika hamil akan tetapi asam folat juga dibutuhkan oleh wanita dalam mempersiapkan kehamilan. Asam folat berperan penting dalam menunjang kesuburan dan membantu pembelahan sel.

Asam folat berperan penting dalam pertumbuhan dan pembelahan sel pada janin. Kekurangan vitamin ini akan menyebabkan pertumbuhan sel berjalan secara tidak sempurna. Asam folat memiliki peranan dalam pembentukan sel DNA dan RNA yang menentukan fungsi sel. Kekurangan asam folat pada ibu hamil akan mempengaruhi perkembangan janin sehingga menyebabkan kecacatan pada bayi ketika dilahirkan.

Bayi yang kekurangan asam folat akan mengalami cacat pada otak dan sumsum tulang belakang. Hal ini tentunya akan berpengaruh terhadap pertumbuhan organ tubuh yang lain. Biasanya bayi akan terlahir dengan berat bdan yang tidak normal atau ada kelainan pada salah satu organ tubuhnya. Selain itu, asam folat berguna untuk mencegah gangguan atau kelainan pada pembuluh darah yang beresiko menyebabkan terlepasnya plasenta sebelum waktunya.

Manfaat asam folat pada janin yang lainnya yaitu untuk mencegah berbagai gangguan yang berhubungan dengan sistem pencernaan. Asupan asam folat yang mencukupi akan mencegah gangguan buang air kecil dan besar pada bayi. Asam folat bisa dikonsumsi dalam mempersiapkan kehamilan untuk mencegah cacat pada bagian langit-langit bayi, mencegah kelahiran prematur dan mencegah berbagai macam gangguan pertumbuhan pada janin.

Related Posts

Share This