Manfaat Air Susu Ibu (ASI)

Air susu ibu (ASI) merupakan sumber makanan bagi bayi. Semua nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi pada masa pertumbuhannya bisa tercukupi melalui ASI. Pemberian ASI secara ekslusif akan memberikan manfaat bagi bayi dan juga ibu. Akan tetapi pengetahuan masyarakat mengenai hal tersebut masih sangat minim dan bahkan mengabaikan pemberian ASI untuk bayi. Pada kebanyakan kasus ibu yang mempunyai bayi lebih memilih memberikan susu formula daripada ASI. Ada berbagai alasan yang mendasari mereka melakukan hal tersebut, mulai dari takut bayi merasa tidak kenyang kalau hanya diberi ASI dan bahkan karena alasan sibuk kerja dan tidak ada waktu untuk memberikan ASI pada bayi.

Manfaat Air Susu Ibu (ASI)

Melewatkan saat-saat pemberian ASI pada awal pertumbuhan akan sangat berdampak pada kesehatan dan pertumbuhan bayi. Selain untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi, ASI juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan bayi, mencegah bayi terhadap alergi dan berpengaruh pada aspek fisik dan psikologis bayi.

  • Manfaat ASI dari aspek gizi

Manfaat ASI sangat banyak dan berlimpah bagi pertumbuhan bayi. Apabila ditinjau dari aspek gizi,  kolostrum berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak dari serangan infeksi virus dan bakteri. Selain itu, di dalam kolostrum  terdapat vitamin A, lemak dan kerbohidrat yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi pada awal kelahirannya.

ASI memiliki kandungan khusus yang berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan serta kecerdasan otak dan mental bayi. Kandungan-kandungan tersebut tidak akan pernah bisa tergantikan oleh susu formula jenis apapun. Kandungan taurin didalam ASI berfungsi sebagai neurotransmitter yang berperan dalam maturasi sel otak. Kandungan AA dan DHA dalam ASI akan berguan untuk kecerdasan anak. Selain itu, masih banyak manfaat lain dari ASI apabila ditinjau dari aspek gizi.

  • Manfaat ASI dari segi imunologi

Apabila ditinjau dari segi imunologi, ASI mengandung zat yang berguna untuk mencegah infeksi bakteri dan virus. Kandungan lysosom dalam ASI berfungsi untuk melindungi bayi dari virus dan bakteri seperti E. coli. Selain itu, kandungan laktoferin  berperan sebagai komponen kekebalan tubuh yang mengikat zat besi didalam sistem pencernaan. Kemudian faktor bifidus akan membantu dalam pertumbuhan bakteri baik seperti lactobacillus bifidus yang bermanfaat untuk mencegah adanya pertumbuhan bakteri yang dapat merugikan.

  • Manfaat ASI dari segi kecerdasan

Kandungan nutrisi atau gizi di dalam ASI akan membantu perkembangan sistem syaraf dan perkembangan kecerdasan otak anak. Disamping itu kedekatan antara ibu dan bayi melalui proses menyusui akan mendukung perkembangan IQ bayi.

  • Manfaat ASI dari segi neurologi dan psikologi

Melalui proses menyusui akan menumbuhkan rasa percaya diri seorang ibu kalau dirinya mampu memberikan ASI untuk bayinya. Hal tersebut akan mendorong produksi ASI yang lancar tanpa ada hambatan. Selain itu, dengan menyusui akan menumbuhkan kedekatan antara ibu dan bayi yang akan berpengaruh pada perkembangan aspek psikologi bayi. Sentuhan kulit ibu dan bayi akan membuat bayi tenang dan merasa aman sehingga bayi tidak akan mudah rewel.

  • Manfaat menyusui dari segi ekonomis

Memberikan ASI secara ekslusif akan membantu Anda dari segi ekonomi. Hal ini karena selama proses menyusui, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli susu formula.

Selain beberapa aspek di atas, menyusui juga bisa menjadi salah satu cara bagi Anda untuk menunda kehamilan. Menyusui bisa di jadikan sebagai alat kontrasepsi alami yang aman.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517