Mandul Gara-gara Obat Jerawat, Benarkah?

Merupakan hal yang sangat wajar, jika remaja yang masih berada di masa pertumbuhan memiliki jerawat yang cukup banyak di wajahnya. Namun, si cantik Elin Rowlands terkadang merasa tidak sanggu[ lagi dengan sindiran dari teman-temannya karena hal tersebut.

Dan akhirnya Elin pergi ke dokter untuk membantunya mengatasi jerawat yang ada pada wajah cantiknya itu. Dan akhirnya dokter memberikan Elin obat untuk mengatasi jerawatnya tersebut yang bernama Roaccutane. Sebelumnya, jenis obat ini memang sudah terkenal sebagai obat yang sangat ampuh yang memang mampu mengatasi jerawat yang membandel seperti apapun.

Akan tetapi Elin merasa ada yang aneh pada dirinya, terutama ketika dokter menganjurkan untuk meningkatkan dosis obat dengan nama roaccutane ini untuk Elin konsumsi. Awalnya Elin hanya di anjurkan mengkonsumsi 30 mg, kini Elin diharuskan untuk mengkonsumsi 70 mg setiap harinya dalam kurun waktu 5 bulan selang beberapa saat setelah proses pengobatan jerawat yang pertama.

“Saya harus kembali ke rumah sakit tiap empat minggu sekali untuk tes darah, dan tiap kali itu juga dosisnya ditambah terus. Di akhir Januari lalu, dosisnya sudah mencapai 70 mg perhari,” ungkap Elin.

Dan dua hari setelah penambahan dosis di lakukan, Elin pulang dari sekolahnya lebih awal, hal ini dikarenakan ia mengeluhkan adanya rasa nyeri yang sangat hebat di bagian perutnya. Awalnya dokter mengira Elin hanya menderita batu ginjal, dan gadis remaja ini nyatanya hanya diberikan resep obat untuk menghilangkan rasa nyerinya. Akan tetapi, setelah itu Elin langsung memuntahkan cairan yang berwarna hitam, dan remaja ini akhirnya di rujuk ke rumsah sakit Alder Hey Children’s Hospital.

Dan esok harinya, kondisi dari tubuh Elin juga mengalami keadaan shock berat yang mengharuskan dirinya untuk diresusitasi. Setelah 3 minggu lamanya ia berada di rumah sakit Alder Hey, akhirnya Elin juga di pindahkan ke rumah sakit Royal Liverpool University Hospital guna menjalankan prosedur operasi guna mengatasi persoalannya, hal ini di lakukan karena Elin dinyatakan mengalami pancreas yang sangat akut, yang mana disebut dengan necrotising pancreatitis.

Dan di usia Elin yang memang terbilang masih muda, Elin pun menjadi seorang pasien termuda yang memang harus menjalankan operasi yang diakibatkan oleh necrotising pancreatitis di rumah sakit tempat ia di rawat.

Walaupun seperti itu, bisa di katakana kalau nasib buruk telah menimpa Elin. Karena Elin dinyatakan kehilangan cairan pancreas sebanyak 92% di dalam tubuhnya, dan hanya tersisa kulit yang berperan untuk menutupinya saja. Dan akhirnya tim dokter terpaksa harus menanamkan selang berjumlah dua buah ke dalam pancreas remaja ini, yang satu berfungsi sebagai pengangkat beberapa cairan pancreas Elin yang sudah mati, dan yang satunya lagi berperan untuk menjaganya agar tetap bisa bertahan dengan kondisinya saat ini.

“Kini Elin menjadi diabetesi karena tubuhnya tak dapat menghasilkan insulin sendiri. Ia bahkan nyaris sekarat sampai enam kali,” ungkap sang ibu, Denise seperti dikutip dari health.detik (29/11/2015).

Bahkan, gadis malang itu juga di nyatakan harus meminum 6 buah tablet secara bersamaan yang diminumnya di jam makannya, bahkan gadis malang ini harus terus-menerus mengkonsumsi obat-obatan tersebut untuk selamanya. Hal ini dikarenakan pancreas yang ada di dalam tubuh elin tidak mampu lagi untuk memproduksi sejumlah enzim yang memang sangat dibutuhkan oleh sistem pencernaannya.

Belum lagi Elin harus kehilangan rambut cantiknya yang dikarenakan terus merontok serta perasaan depresi yang di rasakan Elin setelah ia harus memulainya dari awal. “Yang tak kalah menyedihkan, dokter telah memperingatkan jika mungkin Elin takkan bisa punya anak karena obat itu telah merusak tubuhnya,” ungkap Denise.

Untuk saat ini Elin beserta keluarga hanya mampu berharap, produsen dari Roaccutane mau untuk bertanggung jawan atas apa yang telah terjadi. Apalagi Elin gadis cantik tersebut sudah merasakan sendiri efek bahaya dari obat tersebut, kalau obat yang ia konsumsi tersebut memang tidak mampu mengatasi jerawat yang menyerang wajahnya.

Related Posts

Share This