Makanan Yang Menjadi Pantangan Bagi Ibu Menyusui

Dalam menjalani proses menyusui, banyak hal yang harus diperhatikan. Salah satunya terkait dengan jenis makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Ibu menyusui hendaknya lebih selektif dalam memilih jenis makanan guna menunjang produksi ASI yang berkualitas. Bagaimanapun, semua makanan yang dikonsumsi pada waktu menyusui akan mempengaruhi bayi sebab akan diserap melalui ASI. Maka dari itu, pemilihan jenis makanan yang berkualitas sangat penting sekali.

Makanan yang dianjurkan bagi ibu menyusui secara garis besar hampir sama dengan apa yang dikonsumsi pada waktu hamil. Dalam hal ini yang terpenting adalah makanan tersebut harus memiliki kandungan gizi seimbang yang meliputi vitamin, protein, kalsium maupun mineral. Zat gizi tersebut bisa diperoleh dari sumber makanan seperti buah-buahan, sayuran, ikan, susu, telur dan sumber makanan sehat lainnya.

Nah, selain memperhatikan asupan makanan yang bergizi, ibu menyusui juga harus mengetahui jenis-jenis makanan yang sebaiknya dihindari karena bisa mempengaruhi kualitas dan kuantitas ASI. Secara umum makanan atau minuman yang menjadi pantangan bagi ibu menyusui adalah kategori tidak sehat. Apa saja pantangan tersebut?

Berikut Ini Beberapa Penjelasan Singkat Mengenai Hal Tersebut Yang Perlu Anda Ketahui!

  1. Minuman yang mengandung alkohol

Pada dasarnya minuman yang mengandung alkohol memang tidak baik untuk kesehatan. Terlebih lagi bagi ibu hamil dan menyusui. Jika dikonsumsi ibu hamil maka beresiko terjadinya cacat janin atau kelahiran prematur. Nah, bahaya alkohol bagi ibu menyusui yaitu bisa menyebabkan kualitas dan kuantitas ASI menurun. Selain itu hal ini akan berdampak terhadap kesehatan dan tumbuh kembang bayi.

  1. Kafein

Bagi Anda yang memiliki kebiasaan minum kopi dan teh, alangkah lebih baiknya jika mengontrol kebiasaan tersebut ketika menyusui. Kandungan kafein dari minuman tersebut bisa mempengaruhi kualitas ASI. Disamping itu, kafein bisa menyebabkan bayi rewel dan gelisah. Kafein juga bisa mempengaruhi penyerapan nutrisi ke dalam tubuh bayi sehingga bisa berdampak buruk bagi pertumbuhannya.

  1. Makanan pedas

Selama proses menyusui, sebaiknya tidak terlalu sering mengkonsumsi makanan pedas. Secara tidak langsung makanan tersebut akan berpengaruh pada ASI dan terserap oleh bayi. Hal ini sangat dikhawatirkan akan terjadinya gangguan kesehatan pada bayi seperti diare. Selain itu, makanan pedas juga bisa mempengaruhi kesehatan Anda pada waktu menyusui.

  1. Kubis atau kol

Sayuran merupakan salah satu sumber makanan yang mengandung banyak nutrisi, namun dalam hal ini Anda harus mengetahui jenis sayuran yang baik dikonsumi dan tidak selama menyusui. Kol dan kubis hendaknya dibatasi pada waktu menyusui karena mengandung gas yang bisa menyebabkan perut Anda dan bayi terasa kembung.

  1. Obat-obatan

Jangan mengkonsumsi obat-obatan tanpa petunjuk dokter selama menyusui. Bagaimanapun obat-obatan mengandung bahan kimia yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada janin. Bersikap bijaklah dalam bertindak selama menjalani proses menyusui.

Demikian pantangan untuk ibu menyusui yang perlu Anda ketahui. Perbanyaklah konsumsi air putih selama menyusui untuk menghasilkan ASI yang lebih banyak dan lancar. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517