Makanan Yang Mempengaruhi Kesehatan Organ Reproduksi

Salah satu faktor yang mempengaruhi kesehatan tubuh adalah jenis makanan yang dikonsumsi setiap hari. Pola hidup yang tidak sehat dan kebiasaan mengkonsumsi makanan yang tidak teratur adalah faktor yang memicu timbulnya beragam penyakit. Salah satu penyakit yang bisa disebabkan oleh kebiasaan buruk dalam hal mengkonsumsi makanan adalah penyakit pada organ reproduksi. Akan tetapi, terkadang banyak orang yang tidak menyadari hal tersebut.

Makanan Yang Mempengaruhi Kesehatan Organ Reproduksi

Untuk menjaga kesehatan organ reproduksi, penting sekali untuk menerapkan gaya hidup yang sehatĀ  dengan cara mengkonsumsi makanan yang bergizi dan rutin berolahraga.

Minuman beralkohol

Salah satu jenis makanan atau minuman yang harus dihindari untuk menjaga kesehatan organ reproduksi yaitu minuman yang mengandung alkohol. Minuman beralkohol sangat berbahaya bagi kesehatan sistem reproduksi. Alkohol bisa mengganggu kesuburan sistem reproduksi pria dan wanita. Pria yang gemar mengkonsumsi minuman beralkohol sangat beresiko mengalami kemandulan karena alkohol bisa menurunkan dan mempengaruhi kualitas sperma. Selain itu, wanita yang mempunyai kebiasaan buruk mengkonsumsi minuman beralkohol beresiko tidak bisa hamil seperti wanita pada umumnya. Hal ini karena alkohol bisa menurunkan tingkat kesuburan rahim sehingga tidak mempunyai kemampuan untuk menerima bakal janin hasil pembuahan.

Makanan dengan kandungan lemak trans

Makanan yang mengandung lemak trans bisa mempengaruhi tingkat kesuburan sistem reproduksi pria maupaun wanita. Lemak trans bisa menyebabkan endometriosis pada wanita. Endometriosis merupakan pertumbuhan sel di luar rahim. Untuk mencegah gangguan tersebut sebaiknya Anda mengurangi konsumsi makanan cepat saji yang merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung lemak trans.

Minuman yang mengandung kafein

Untuk menjaga kesehatan organ reproduksi, sebaiknya Anda membatasi konsumsi minuman yang mengandung kafein. Hal ini karena kafein merupakan salah satu zat yang bisa menyebabkan gangguan kesuburan dan menurunkan tingkat kesuburan. Selain itu, kafein juga bisa menyebabkan stress sehingga bisa mengganggu proses konsepsi.

Makanan yang mengandung gula

Gula merupakan salah satu faktor yang bisa menyebabkan seseorang mengalami kelebihan berat badan (obesitas). Selain itu, gula juga bisa mempengaruhi tingkat kesuburan sistem reproduksi. Kebiasaan mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kadar gula tinggi sangat beresiko meningkatnya kadar gula di dalam darah yang bisa berakibat pada kesehatan sistem reproduksi. Maka dari itu, sebaiknya Anda mengontrol dan membatasi konsumsi gula serta hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung pemanis buatan.

Makanan yang mengandung karbohidrat (bukan karbohidrat kompleks)

Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak karbohidrat bisa menyebabkan peningkatan gula darah. Kadar gula darah yang tinggi bisa beresiko menyebabkan ketidaksuburan pada pria dan wanita. Untuk mencegah hakl tersebut, batasi konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Sumber makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yaitu gandum atau biji-bijian seperti beras merah.

Related Posts

Share This