Makanan Yang Dianjurkan Untuk Nutrisi Ibu Menyusui

Menyusui merupakan salah satu proses penting dalam upaya memberikan asupan nutrisi untuk menunjang perkembangan bayi baru lahir hingga berusia 6 bulan. Seperti yang kita ketahui bahwa bayi yang baru lahir memiliki sistem pencernaan yang belum sempurna sehingga hanya ASI yang menjadi satu-satunya sumber makanan utama. Maka dari itu dalam hal ini Anda harus lebih selektif untuk memilih jenis makanan yang mengandung nutrisi ibu menyusui.

Dalam menyusui, Anda harus mengkonsumsi makanan bergizi untuk menghasilkan ASI yang berkualitas. Selain itu, makanan bergizi juga sangat penting dalam menunjang kuantitas ASI supaya tetap lancar dan banyak selama proses menyusui berlangsung. Dengan begitu si kecil tidak akan kekurangan makanan dan nutrisi.

 

Adapun Jenis Makanan Bergizi Untuk Ibu Menyusui Yaitu Sebagai Berikut

  • Buah-buahan

Nutrisi untuk ibu menyusui yang pertama yaitu bisa diperoleh dari buah-buahan. Seperti yang kita ketahui bahwa semua jenis buah mengandung vitamin dan mineral penting yang berguna untuk menunjang kesehatan tubuh. Kandungan vitamin C pada buah berperan penting dalam membangun sistem kekebalan tubuh Anda dan bayi. Pada waktu menyusui Anda disarankan untuk mengkonsumsi buah secara teratur guna menunjang produksi ASI.

  • Sayuran

Seperti halnya buah-buahan, sayuran juga termasuk sumber makanan yang memiliki kandungan vitamin serta mineral cukup tinggi yang berguna untuk menunjang proses menyusui. Kandungan asam folat pada sayuran berperan penting dalam membantu pembentukan sel darah merah. Selain itu zat besi merupakan aktor utama yang bermanfaat dalam mencegah penyakit kurang darah atau anemia selama menyusui.

Sayuran juga mengandung vitamin, likopen, flavonoid dan mineral penting lainnya yang berguna bagi kesehatan dan juga kelangsungan proses menyusui. Jenis sayuran yang dianjurkan bagi ibu menyusui yaitu wortel, brokoli, asparagus, jagung, labu, tomat dan lain sebagainya.

  • Kacang-kacangan atau biji-bijian

Hampir seluruh biji-bijian termasuk kacang-kacangan mengandung nutrisi seperti vitamin B, vitamin E, folat, selenium, kalium, protein serta zat besi. Nah, salah satu jenis biji-bijian yang tinggi kandungan nutrisi tersebut adalah kacang. Dalam hal ini kacang-kacangan juga terbilang sebagai salah satu jenis biji-bijian yang mengandung kalsium cukup tinggi yang berguna untuk membantu pembentukan tulang janin. Jenis kacang yang bisa Anda pilih yaitu hazelnut, kacang kenari dan almond.

  • Ikan

Ibu menyusui hendaknya mengkonsumsi ikan yang bebas dari merkuri seperti salmon atau tuna. Kandungan lemak omega-3 yang terdapat pada jenis ikan tersebut sangat berguna dalam membantu perkembangan otak dan tumbuh kembang bayi.

  • Susu

Kandungan vitamin D pada susu sangat efektif untuk mengoptimalkan penyerapan kalsium kedalam tulang. Hal ini tentunya sangat efektif untuk membantu menunjang pertumbuhan dan perkembangan tulang bayi. Selain itu, kandungan nutrisi pada susu sangat berguna dalam menstimulus produksi ASI.

Itulah jenis makanan yang disarankan sebagai gizi ibu menyusui. Makanan bergizi sangat penting bagi kelangsungan proses menyusui sehingga menghasilkan kualitas dan kuantitas ASI yang lebih baik. Semoga bermanfaat bagi Anda yang saat ini sedang menjalani proses tersebut!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517