Makanan yang Baik Untuk Ibu Hamil Berdasarkan Trimester

Memilih makanan yang baik untuk ibu hamil serta bergizi memang sangat di anjurkan, hal ini di karenakan makanan yang baik untuk ibu hamil 6 bulan ini sangat berpengaruh terhadap kesehatan ibu yang tengah hamil serta janin yang tengah di kandungnya. Makanan untuk ibu hamil tersebut harus bisa memenuhi kebutuhan gizi selama proses kehamilan, baik di lihat dari segi jenis, kualitas, bahkan kuantitas. Oleh sebab itu, walaupun ibu hamil banyak mengkonsumsi makanan, namun di dalam makanan tersebut tidak memiliki gizi yang baik untuk kehamilan, maka hal tersebut tidak akan membantu kesehatan ibu serta janin yang ada di dalam kandungan dengan optimal.

makanan yang baik untuk ibu hamil

Dan berikut ini ada beberapa jenis makanan yang baik untuk ibu hamil yang mengandung gizi baik di setiap trimesternya, yaitu sebagai berikut:

Makanan Untuk Ibu Hamil Trimester Pertama (I)

Pisang

Buah pisang cocok untuk di konsumsi oleh ibu hamil trimester pertama dikarenakan buah pisang ini mampu mengurangi rasa mual atau dalam kata lain ngidam yang memang biasa di alami oleh ibu-ibu yang tengah hamil muda. Bukan hanya itu, pisang juga merupakan sumber vitamin B6 yang tinggi, bahkan buah pisang juga memiiliki kandungan serat, vitamin C, asam folat, juga potassium yang baikuntuk janin yang ada di dalam kandungan.

Bayam

Bayam, jenis sayuran yang memiliki warna hijau ini memang baik untuk di konsumsi ibu hamil muda. Mengapa? Karena di dalam bayam banyak mengandung asam folat. Dan asam folat yang memadai memang sangat di butuhkan oleh ibu yang tengah hamil muda, hal ini guna mencegah terjadinya cacat terhadap tabung syaraf. Bukan hanya itu, bayam juga memiliki kandungan serat, mangan, vitamin A, besi, vitamin C juga vitamin K.

KacangĀ­-kacangan

Telah kita ketahui, bahwa kacang-kacangan adalah salah satu sumber protein juga serat yang baik untuk tubuh, oleh karena itu, mengkonsumsi kacang selama kehamilan sangat baik karena bisa mengatasi sembelit. Dan hamper 40% wanita hamil akan mengalami sembelit selama masa kehamilan, oleh karena itu wanita atau ibu hamil di anjurkan untuk mengkonsumsi kacang-kacangan ini.

Makanan Untuk Ibu Hamil Trimester Kedua (II)

Telur

Mengapa telur menjadi makanan yang bergizi untuk ibu hamil? Karena kuning pada telur memiliki kandungan kolin serta nutrisi yang sangat penting dalam perkembangan otak bayi atau janin. Dan seoarng ibu hamil harus mendapatkan asupan choline sekitar 450 mg setiap harinya. Dan jika Anda termasuk kedalam golongan vegetarian atau bahkan Anda tidak suka dengan telur, maka sumber lain yang mengandung choline yaitu susu, kedelai, juga daging sapi.

Alpukat

Bagi ibu hamil yang memasuki trimester kedua sangat di anjurkan untuk mengkonsumsi buah alpukat. Mengapa? Karena buah alpuket merupakan sumber utama serat, vitamin K, Vitamin C, Vitamin B6, asam folat, juga kalium. Bukan hanya itu, alpukat juga di perkaya dengan lemak tidak jenuh yang dapat menyehatkan tubuh, bahkan lemak tak jenuh ini juga dapat membantu melindungi tubuh Anda dari penyakit jantung. Selain itu, buah alpukat juga diketahui mampu membantu Anda mengurangi morning sickness juga dapat membantu pertumbuhan otak bayi serta pertumbuhan sistem jaringan lainnya.

Makanan Untuk Ibu Hamil Trimester Ketiga (III)

Pepaya

Buah papaya termasuk kedalam kategori buah tropis, dan buah tropis ini baik di konsumsi oleh ibu hamil trimester III, karena memiliki kandungan vitamin C, serat, asam folat, juga potassium. Bukan hanyan itu, buah papaya juga merupakan cara yang alami untuk mengatasi sembelit yang memang sering di alami oleh ibu hamil, terutama pada trimester III. Namun satu hal yang harus Anda ingat, ibu hamil hanya di perbolehkan untuk mengkonsumsi papaya yang sudah matang, karena jika ibu hamil mengkonsumsi papaya mentah, ibu hamil akan mengalami kontraksi yang di sebabkan oleh pepsin pada getah papaya mentah tersebut.

Kacang

Selama trimester III, ibu hamil akan merasakan ketidaknyamanan yang lebih berat, dan itu mengharuskan ibu hamil untuk sering makan. Dan kacang-kacangan merupakan sumber protein serta lemak yang dapat menyehatkan jantung.

Lemak Ikan

Perlu untuk Anda ketahui, bahwa lemak yang terdapat di dalam ikan laut memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang banyak, yang memang mampu membantu jantung Anda serta mampu menguatkan kesehatan terhadap otak. Ibu hamil bisa mengkonsumsi ikan laut sebanyak 12 ons ikan perminggunya, dan jumlah tersebut di anggap aman untuk ibu hamil.

Itulah beberapa jenis makanan yang baik untuk ibu hamil berdasarkan trimester. Semoga Anda bisa mencukupi asupan gizi Anda guna kesehatan tubuh serta janin yang ada di dalam kandungan Anda.

Related Posts

Share This