Makanan Yang Baik Serta Sehat Untuk Ibu Menyusui

Kebanyakan wanita biasanya ingin segera menurunkan berat badan setelah melahirkan sehingga keseimbangan asupan nutrisi menjadi tidak seimbang. Asupan makanan yang mengandung banyak nutrisi sangat dianjurkan bagi wanita yang baru melahirkan untuk memulihkan kondisi serta mendapatkan kualitas ASI yang bagus selama proses menyusui bayi. Apabila asupan nutrisi kurang diperhatikan maka ASI yang dihasilkan tidak akan mengandung gizi yang baik untuk kesehatan dan pertumbuhan bayi. ASI dengan kualitas yang baik bisa diperoleh dari makanan yang kaya akan nutrisi atau gizi. Untuk menjaga agar produksi ASI tetap bagus dan penuh dengan nutrisi maka anda perlu mengonsumsi makanan sehat untuk ibu menyusui.

Makanan yang sehat untuk ibu menyusui

Apa saja jenis makanan yang baik untuk ibu menyusui?

  1. Telur , protein yang terkandung di dalam telur sangat bagus untuk mencukupi kebutuhan protein harian ibu yang sedang menyusui, vitamin D yang terkandung dalam kuning telur akan membantu pertumbuhan tulang bayi.
  2. Sayuran hijau, sayuran mengandung serat, zat besi, asam folat serta vitamin C dan likopen yang bisa membantu menambah energi anda selama menyusui serta dapat mencegah terjadinya anemia. Jenis sayuran yang kaya akan nutrisi bisa anda konsumsi selama menyusui seperti tomat, bayam, labu atau jamur. Sayuran merupakan makanan yang baik untuk ibu menyusui yang tidak boleh terlewatkan.
  3. Biji-bijian, nutrisi yang terkandung dalam semua jenis biji-bijian sangat banyak seperti kandungan zat besi, protein, kalium, sumber vitamin E dan vitamin B. Perbanyak mengonsumsi beras merah atau oatmeal.
  4. Buah-buahan, asupan vitamin dari buah-buahan sangat bagus untuk wanita yang sedang menyusui, pada buah-buahan terkandung vitamin C, K, A dan B. Kandungan vitamin dari buah-buahan akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda dan bayi.
  5. Ikan, biasakan makan ikan pada saat menyusui untuk membantu pertumbuhan serta perkembangan otak bayi karena ikan mengandung omega-3. Kandungan DHA yang terdapat pada ikan salmon sangat bagus untuk membantu perkembangan sistem saraf pada bayi. Salmon dapat menambah kandungan DHA dalam susu.
  6. Daging sapi yang tidak mengandung lemak, daging sapi akan membantu untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12 dan protein yang dibutuhkan pada saat menyusui. Dengan mengkonsumsi daging sapi tanpa lemak maka akan memberikan tambahan energi pada anda untuk menghasilkan ASI yang baik untuk bayi.
  7. Susu, meminum susu setiap hari selama menyusui akan membantu anda memproduksi ASI karena susu merangsang produksi ASI yang dibutuhkan. Kandungan vitamin D yang ada pada susu akan membantu pertumbuhan tulang bayi.
  8. Kacang-kacangan, nutrisi yang terkandung dalam kacang-kacangan sangat dianjurkan untuk anda konsumsi sebagai tambahan protein yang dibutuhkan selama proses menyusui. Dalam kacang terkandung kalsium, kalium, posfor serta vitamin C, E, B dan folat.
  9. Air mineral, wanita yang sedang menyusui sangat di anjurkan untuk banyak minum air putih, hal ini untuk menghindari dehidrasi dan membantu dalam memproduksi ASI supaya lancar.

Penting untuk ibu hamil mengetahui makanan yang tidak boleh di konsumsi selama menyusui

Wanita yang sedang menyusui sangat penting untuk mengetahui jenis makanan yang sehat bagi ibu menyusui dan juga harus mengetahui jenis makanan apa yang tidak boleh untuk di konsumsi selama  menyusui karena akan berbahaya bagi bayi.  beberapa makanan yang tidak baik di konsumsi selama kehamilan :

  • Makanan yang memiliki rasa pedas, mengkonsumsi makanan pedas selama hamil bisa membahayakan bayi, rasa pedas bisa terbawa melalui ASI dan menyebabkan bayi iritasi atau diare.
  • Makanan/minuman yang mengandung kafein, selama menyusui sebaiknya anda tidak mengonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi atau teh karena bisa membahayakan bayi.
  • Lemak jenuh/lemak trans, jenis lemak ini apabila dikonsumsi akan menghambat produksi omega-3 pada perkembangan otak bayi.
  • Alkohol dan nikotin, nikotin akan menyebabkan bayi lemah, pusing dan produksi ASI juga akan berkurang.

Related Posts

Share This