Makanan Yang Baik dan Sehat Untuk Kesehatan Rambut

Rambut yang indah dan sehat merupakan dambaan setiap orang. Rambut adalah salah satu hal yang sangat penting dalam menunjang penampilan seseorang. Banyak orang (terutama wanita) yang rela mengeluarkan uang banyak untuk melakukan perawatan rambutĀ  supaya mendapatkan rambut yang indah. Rambut sering di sebut sebagai mahkota kecantikan pada wanita dan pada pria pun rambut memiliki fungsi yang sama dalam hal untuk menunjang penampilan.

Kesehatan rambut bisa di pengaruhi oleh kesehatan tubuh. Apabila asupan makanan yang kaya akan nutrisi mencukupi dan kesehatan tubuh terjaga maka rambut pun akan tumbuh subur dan sehat. Makanan sehat serta kaya akan nutrisi yang kita konsumsi akan berpengaruh cukup signifikan terhadap kesehatan rambut. Makanan yang tepat serta nutrisi yang mencukupi akan membuat rambut sehat dan berkilau.

Makanan yang Baik dan Sehat untuk Kesehatan Rambut

Makanan Untuk Kesehatan Rambut

  • Telur

Telur kaya akan nutrisi seperti zat besi, selenium, protein, vitamin B-12 serta biotin. Zat besi yang terkandung di dalam telur berfungsi untuk mentranformasikan oksigen ke folikel rambut. Apabila asupan zat besi kurang maka bisa terjadi kerontokan pada rambut. Biotin yang terkandung di dalam telur akan membantu dalam pertumbuhan dan menebalkan rambut. Kekurangan biotin dapat menyebabkan rambut rontok.

  • Ikan salmon

Ikan salmon memiliki kandungan asam lemak omega-3, zat besi dan vitamin B-12. Asam lemak omega-3 sangat penting untuk kesehatan kulit kepala dan mencegah kulit kepala supaya tidak kering atau kusam. Selain itu, kandungan protein dan vitamin D di dalam ikan salmon berguna untuk menguatkan rambut.

  • Sayuran

Sayuran hijau sangat kaya akan vitamin serta mineral yang sangat berguna untuk kesehatan rambut. Kandungan vitamin A dan vitamin C akan membantu menghasilkan kelenjar minyak pada kulit kepala sehingga kulit kepala lembab dan tidak akan kering. Kandungan kalsium dan zat besi dalam sayuran juga akan membantu dalam menguatkan akar rambut. Sayuran merupakan makanan untuk kesehatan rambut yang penting untuk anda konsumsi.

  • Kacang-kacangan

Berbagai jenis kacang-kacangan mengandung biotin, seng dan zat besi yang berguna untuk kesehatan rambut, kulit kepala serta menguatkan akar rambut.

  • Buah-buahan

Vitamin C yang terkandung dalam buah-buahan akan membantu sirkulasi pada kulit kepala sehingga pembuluh darah kecil akan menyuplai nutrisi pada folikel rambut. Manfaat lain dari vitamin A dan vitamin C yang terkandung dalam buah-buahan adalah untuk kesuburan, kelembaban dan meningkatkan pertumbuhan rambut menjadi lebih subur.

  • Tiram

Kandungan seng yang terdapat dalam tiram akan mencegah terjadinya kerontokan rambut dan kulit kepala kering. Protein yang tinggi dalam tiram akan membantu memperbaiki rambut yang rontok setiap harinya.

  • Teh hijau

Teh hijau sangat bagus untuk di konsumsi karena the hijau memiliki kandungan polifenol yang berguna untuk kesehatan kulit kepala dan mencegah ketombe.

  • Udang

Seng, zat besi dan vitamin B-12 yang terkandung di dalam udang berguna untuk pertumbuhan rambut yang sehat serta tidak kusam, mencegah kerontokan dan memelihara kulit kepala.

  • Ubi jalar

kandungan anti oksidan serta beta karoten yang terdapat di dalam ubi jalar akan membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan menghilangkan gatal yang di timbulkan oleh ketombe.

  • Daging

Makanan yang baik untuk kesehatan rambut lainnya yaitu daging. Mengonsumsi daging yang kaya akan kandungan zat besi, seng, protein, vitamin dan mineral akan membantu dalam perawatan dan kesehatan rambut.

  • Plum

Zat besi yang dalam plum berguna untuk menjaga dan memperbaiki tekstur rambut, mencegah kerontokan dan rambut kusam.

Related Posts

Share This