Makanan Untuk Perkembangan Otak Anak

Masa pertumbuhan merupakan periode yang sangat penting bagi anak atau bayi. Banyak hal yang akan ikut berperan dan mempengaruhi tumbuh kembang seorang anak. Salah satu faktor yang mempunyai peranan penting dalam pertumbuhan adalah nutrisi. Asupan makanan yang kaya akan nutrisi akan membuat pertumbuhan dan perkembangan anak tidak akan mengalami gangguan. Selain itu, nutrisi yang seimbang akan berpengaruh pada perkembangan otak anak. Dalam hal mengoptimalkan tumbuh kembang seorang anak maka penting sekali untuk memperhatikan asupan makanan yang bergizi. Makanan yang kaya akan nutrisi tidak hanya sehat bagi tubuh, akan tetapi akan sangat berpengaruh pada perkembangan otak.

Makanan untuk perkembangan otak

Hal yang paling penting dalam memenuhi gizi anak adalah kecerdasan Anda sebagai orangtua dalam memberikan makanan yang bervariasi bagi anak. Makanan yang beragam akan melengkapi kebutuhan asupan nutrisi atau gizi yang dibutuhkan oleh anak. Makanan sehat dan asupan gizi tepat serta seimbang akan membuat tumbuh kembang anak menjadi optimal.

Beberapa Jenis Makanan Yang Sehat Untuk Kecerdasan Otak Anak

  • Ikan

Jenis makanan pertama yang baik untuk perkembangan otak anak yaitu ikan. Kandungan protein, DHA dan EPA sebagai sumber lemak omega-3 yang tinggi pada ikan salmon sangat berguna untuk perkembangan dan kecerdasan otak anak. Selain itu, ikan sarden dan ikan tuna juga sangat bagus dalam mendukung perkembangan otak karena kandungan omega-3 yang melimpah.

  • Sayuran

Sayuran merupakan salah satu sumber makanan yang sangat kaya akan nutrisi dan baik bagi kesehatan. Sayuran yang memiliki warna yang cerah seperti bayam, tomat dan wortel sangat kaya akan kandungan antioksidan. Peran penting dari anti oksidan yang dihasilkan dari sayuran adalah untuk mendorong serta mendukung sel-sel otak sehingga berkembang menjadi lebih sehat dan kuat. Hal ini tentunya akan sangat menunjang dalam perkembangan otak anak. Supaya anak mau mengkonsumsi sayuran maka anda bisa membuat variasi olahan dari sayuran yang akan membuat anak tertarik dan mau mengkonsumsinya.

Baca Juga:  Berikan 6 Stimulasi Ini Pada Anak Agar Kecerdasan Otaknya Terus Meningkat
  • Telur

Makanan yang bagus untuk perkembangan otak selanjutnya yaitu telur. Makanan yang satu ini tidak asing lagi bagi kita. Telur merupakan sumber protein yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. kandungan kolin dalam kuning telur sangat berguna untuk perkembangan fungsi daya ingat pada otak. Kolin akan membantu dalam menghasilkan sel induk memori pada otak sehingga daya ingat otak anak akan berkembang lebih baik.

  • Daging tanpa lemak

Daging sapi tanpa lemak merupakan sumber nutrisi yang sangat berguna untuk perkembangan otak anak pada masa pertumbuhan. Kandungan zat besi dalam daging sapi akan berperan dalam membantu meningkatkan kecerdasan dan memori anak. Selain untuk kecerdasan, daging sapi tanpa lemak juga sangat bagus untuk sistem daya tahan tubuh seorang anak dalam masa pertumbuhannya.

  • Biji-bijian

Sumber makanan berupa biji-bijian yang mengandung karbohidrat komplek seperti beras merah dan gandum sangat berguna untuk memelihara dan menjaga sistem saraf serta untuk perkembangan kecerdasan otak anak karena mengandung vitamin B dan glukosa. Kandungan potassium, zinc serta vitamin E dalam gandum berfungsi untuk membuat kinerja tubuh dan otak menjadi seimbang. Selain itu, vitamin B akan membantu dalam melancarkan aliran darah ke seluruh sistem syaraf dan memberikan pasokan ke otak.

  • Buah-buahan

Buah-buahan merupakan salah satu sumber makanan yang sangat kaya akan vitamin C yang berguna untuk kesehatan tubuh kita. Salah satu jenis buah yang berguna untuk perkembangan dan meningkatkan memori otak anak yaitu buah bery. Buah stroberi dan buah blueberry akan memperbaiki memori atau daya ingat otak anak.

  • Kacang-kacangan

Tidak perlu khawatir ketika anak Anda mengkonsumsi makanan jenis kacang-kacangan karena di dalam kacang terkandung vitamin E serta antioksidan. Kandungan tersebut sangat berguna untuk melindungi sel-sel otak dari radikal bebas.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517