Makanan Untuk Meningkatkan Kuantitas dan Kualitas ASI

Menyusui merupakan salah satu cara untuk memberikan makanan dan nutrisi untuk kelangsungan hidup bayi. Memberikan ASI secara ekslusif pada bayi akan membantu mendukung pertumbuhan dan perkembangannya. ASI merupakan makanan dan minuman yang paling cocok dan paling sehat untuk bayi dalam masa pertumbuhannya. Untuk mendapatkan ASI yang berkualitas dan melimpah maka seorang ibu harus memperhatikan asupan makanan yang bergizi. Dalam menjaga produksi dan kualitas ASI maka Anda perlu untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang.

Makanan Untuk Meningkatkan Kuantitas dan Kualitas ASI

 

Makanan yang bergizi adalah salah satu faktor yang sangat penting dalam menentukan kualitas dan melimpahnya produksi ASI. Selain itu, makanan yang bergizi akan menentukan kecukupan nutrisi untuk bayi karena apa yang dikonsumsi oleh seorang ibu merupakan sumber nutrisi bagi bayi. Menyusui merupakan saat-saat yang sangat penting dan menentukan perkembangan bayi. maka dari itu berikanlah ASI secara ekslusif dan jangan menggantinya dengan susu formula karena zat penting di dalam ASI tidak akan ada di dalam susu formula.

Beberapa Jenis Makanan Untuk Meningkatkan Kuantitas dan Kualitas ASI

  1. Daun katuk. Kandungan steroid dan polifenol pada daun katuk sangat berguna untuk meningkatkan kadar hormon prolaktin untuk meningkatkan kesehatan. Selain itu, daun katuk mengandung laktagagum yang bisa meningkatkan produksi ASI. Anda bisa mengkonsumsi daun katuk sebagai sayuran.
  2. Bayam merupakan sayuran hijau sebagai sumber vitamin dan mineral serta mengandung  phytoestrogen yang berguna untuk meningkatkan laktasi. Kandungan vitamin B6 pada bayam akan berfungsi untuk menyediakan produksi ASI. Selain itu, kandungan asam folat di dalam bayam sangat berguna untuk memenuhi kebutuhan gizi untuk ibu yang sedang menyusui.
  3. Pepaya. Buah pepaya dapat membantu dalam meningkatkan jaringan pada area payudara sehingga akan membantu dalam meningkatkan produksi ASI selama menyusui.
  4. Ubi jalar. Sumber makanan yang mengandung beta-karoten seperti ubi jalar dan wortel sangat berguna dalam membantu meningkatkan suplai atau produksi ASI. Kandungan laktagagum dalam daun ubi jalar sangat berperan dalam meningkatkan produksi ASI.
  5. Biji wijen hitam sangat kaya akan kandungan kalsium yang berguna untuk produksi ASI yang melimpah. Selain itu, biji wijen juga mengandung beragam nutrisi yang sangat bagus untuk tubuh.
  6. Asparagus. Kandungan asam amino yang terdapat di dalam asparagus sangat berguna untuk membantu dalam meningkatkan produksi dan suplai ASI.
  7. Aprikot. Kandungan tryptophan dalam aprikot akan membantu dalam meningkatkan prolaktin sehingga sangat bagus untuk produksi ASI selama menyusui.
  8. Oatmeal. Makanan yang satu ini akan membantu dalam merangsang hormon oxytocin yang berguna untuk memperbanyak produksi ASI.
  9. Air putih. Selama menyusui seorang ibu membutuhkan banyak cairan untuk tubuhnya. Mengkonsumsi air putih akan membantu dalam memenuhi kebutuhan cairan selama menyusui dan bisa meningkatkan produksi air susu.

Tips Untuk Ibu Yang Sedang Menyusui

Terapkan kebiasaan pola hidup sehat. Selama menyusui usahakan supaya Anda selalu menjaga pola hidup yang sehat dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi serta untuk menghasilkan produksi ASI yang melimpah. Selain itu, Anda juga harus senantiasa berada di lingkungan yang bersih dan bebas dari polusi seperti asap rokok.

Rileks dan jangan stres. Supaya proses menyusui Anda berjalan dengan lancar, usahakan agar Anda tidak stres selama menyusui. Perasaan yang tidak tenang akan membuat produksi air susu terhambat. Rileks dan buat semuanya menjadi lebih menyenangkan.

Istirahat yang teratur dan cukup. Untuk mendapatkan kualitas dan kuantitas ASI yang baik serta melimpah, usahakan supaya Anda tidak kelelahan. Istirahat yang cukup dan teratur akan membantu Anda dalam menghasilkan produksi ASI yang bagus.

Manyusui bayi dengan teratur. Pada awal-awal menyusui mungkin Anda merasa tidak nyaman dengan berbagai kendala seperti ASI yang sulit keluar dan rasa nyeri pada puting. Akan tetapi, hal itu jangan sampai membuat Anda menyerah, lakukanlah proses menyusui bayi dengan teratur supaya produksi ASI tetap lancar dan Anda merasa terbiasa.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517