Makanan Untuk Mencegah Mata Buta

Menjaga kesehatan seluruh anggota tubuh memang penting untuk dilakukan guna mencegah terjadinya berbagai masalah atau gangguan kesehatan. Pada dasarnya untuk menjaga kesehatan bukanlah hal yang sulit. Bahkan bisa dilakukan dengan cara yang sangat mudah dan sederhana oleh setiap orang, kapanpun dan dimanapun. Hanya saja banyak orang yang kurang peduli dan menyepelekan pentingnya untuk menerapkan gaya hidup sehat dalam kesehariannya.

Salah satu organ tubuh yang penting untuk dijaga kesehatannya yaitu mata. Indera penglihatan ini memiliki fungsi dan manfaat yang sangat vital untuk kehidupan. Jika saat ini Anda sedang mengalami gangguan kesehatan pada mata, maka sebaiknya jangan disepelekan. Segeralah untuk berobat dan mencari solusi untuk penyembuhan. Gaya hidup dan juga bertambahnya usia menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kesehatan mata. Lama kelamaan fungsi mata bisa menurun dan kondisi yang lebih parah bisa menyebabkan mata buta.

Asupan nutrisi yang terjaga dengan baik dan seimbang bisa membantu memperlambat dan bahkan mencegah terjadinya kebutaan pada mata. Oleh karena itu kiranya penting sekali untuk memahami jenis nutrisi apa saja yang sebaiknya dikonsumsi guna menjaga kesehatan mata dalam jangka panjang.

Berikut Ini Jenis Makanan yang Direkomendasikan Untuk Mencegah Mata Buta

  1. Buah-buahan Berwarna Cerah

Jenis makanan yang dianjurkan untuk kesehatan mata yaitu buah-buahan yang berwarna terang atau cerah. Contohnya yaitu buah mangga, jeruk, apel, anggur, naga dan lainnnya. Buah-buahan yang berwarna cerah merupakan sumber vitamin A. Jenis vitamin tersebut merupakan nutrisi terbaik untuk mata yang berguna dalam proses regenerasi pigmen retina pada mata. Jika kekurangan vitamin A maka bisa mengakibatkan rabun senja atau yang biasa disebut dengan istilah niktalopia. Jika kekurangan dalam jumlah yang sangat besar berisiko terhadap kebutaan secara permanen.

Masalah kesehatan mata lainnya akibat kurang vitamin A yaitu bercak bitot, kerusakan total kornea akibat adanya gangguan keseimbangan produksi sel meibom dan keringnya kornea akibat gangguan kelenjar mata. Kondisi ini bisa berisiko terhadap kebutaan.

  1. Sayuran Berwarna Hijau

Sayuran tergolong jenis makanan yang sehat karena mengandung banyak nutrisi yang diperlukan oleh tubuh termasuk salah satunya untuk menjaga kesehatan mata dan menghindarkannya dari kebutaan. Perbanyaklah konsumsi sayuran hijau seperti bayam, daun singkong, kangkung dan jenis sayuran hijau lainnya. Sayuran hijau memiliki kandungan zeaxanthin dan lutein tinggi yang bermanfaat untuk menghindarkan mata dari kerusakan.

Lutein adalah salah satu senyawa yang banyak ditemukan pada makula mata. Apa fungsinya? Yaitu untuk memberikan nutrisi bagi retina dan juga makula supaya kinerjanya baik dan seimbang. Sedangkan zeaxanthin adalah senyawa karotenoid yang terdapat dalam makula mata. Adapun fungsinya yaitu untuk menjaga fungsi penglihatan.

Menurut hasil riset manunjukan bahwa konsumsi makanan yang mengandung kedua nutrisi tersebut bisa menekan risiko kerusakan dan gangguan pada mata. Kedua senyawa tersebut tergolong kedalam antioksidan yang mencegah sel-sel mata dari kerusakan secara perlahan dan jangka panjang. Oleh karena itu, perbanyak konsumsi sayuran yang berwarna hijau dan terang seperti brokoli, jagung, kacang polong, selada dan lain sebagainya.

Menerapkan gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi adalah salah satu solusi terbaik untuk menjaga kesehatan seluruh anggota tubuh supaya terhindar dari kerusakan. Mulailah dari sekarang, jangan tunggu nanti. Ibarat kata pepatah, labih baik mencegah daripada harus mengobati. Hidup sehat akan menjadikan Anda labih bahagia. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This