Makanan Untuk Kesehatan Wanita

Wanita dan pria memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda. Hal ini karena wanita memiliki fase yang berbeda dari pria seperti menstruasi, menjalani kehamilan dan melahirkan. Maka dari itu, wanita membutuhkan asupan makanan yang mengandung nutrisi khusus untuk menunjang dan menjaga kesehatan pada tiap tahap perkembangannya.

Makanan Untuk Kesehatan Wanita

Ada Beberapa Jenis Sumber Makanan Yang Dibutuhkan Oleh Wanita

Susu

Salah satu sumber makanan yang mengandung nutrisi untuk kebutuhan wanita yaitu susu. Kalsium yang terdapat pada susu sangat berguna untuk menjaga kesehatan tulang. Wanita sangat rentan terkena osteoporosis karena adanya pengaruh hormon pada waktu menstruasi dan pada waktu menjalani kehamilan. Bagi wanita sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi susu atau jenis makanan lain yang mengandung kalsium supaya kepadatan tulang tetap terjaga.

Selain mengandung kalsium, susu juga sangat kaya akan protein, vitamin dan mineral yang berfungsi untuk membantu penyerapan kalsium pada tulang.

Gandum

Gandum mengandung asam folat dan vitamin B6 yang berguna untuk menjaga kesehatan jantung dan menjaga kesehatan ketika hamil. Selain itu, gandum juga sangat bermanfaat untuk membantu memulihkan kondisi wanita pasca persalinan. Mengkonsumsi gandum sebelum menstruasi akan menghindarkan anda dari gejala mentruasi yang bermasalah.

Buah apel

Wanita biasanya akan sangat sensitif dengan perubahan fisik, apalagi yang berhubungan dengan berat badan. Peningkatan berat badan pada wanita biasanya terjadi setelah melahirkan, maka dari itu rutin mengkonsumsi buah apel bisa menjaga berat badan ideal seorang wanita. Apel mengandung vitamin C sebagai antioksidan yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga bisa mengontrol nafsu makan pada wanita karena memiliki tingkat kemanisan yang bisa diserap tubuh secara perlahan.

Bayam

Bayam merupakan salah satu jenis sayuran hijau dengan kandungan antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas pemicu sel kanker. Bayam mengandung flavonoid yang bisa menghambat laju pertumbuhan sel kanker pada wanita. Rutin mengkonsumsi bayam akan meminimalisir pertumbuhan sel kanker pada wanita, baik itu kanker rahim ataupun kanker payudara.

Tomat

Wanita biasanya sangat sensitif dengan kebersihan dan kesehatan wajah. Masalah kesehatan pada wajah seringkali membuat wanita stres dan rela melakukan perawatan yang mahal. Bagi anda yang ingin melakukan perawatan wajah secara alami bisa dengan mengkonsumsi buah tomat. Kandungan vitamin A dan vitamin C pada buah tomat sangat berguna untuk menjaga kebersihan wajah sehingga bisa meminimalisir pertumbuhan jerawat pada wajah. Mengkonsumsi tomat secara teratur akan menjaga kecantikan kulit wanita.

Buah jeruk

Bagi wanita yang sedang hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah jeruk. Hal ini karena jeruk mengandung vitamin C yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil. Selain itu, kandungan asam folat pada buah jeruk akan bermanfaat untuk membantu perkembangan janin di dalam kandungan dan mencegah bayi terlahir cacat. Selain itu, jeruk mengandung zat yang berfungsi untuk melindungi rahim dari peradangan selama masa kehamilan berlangsung.

Cokelat

Cokelat merupakan makanan yang sangat digemari oleh wanita. Cokelat mengandung theobromin yang bisa menjaga mood wanita. Biasanya wanita akan lebih sensitif pada waktu menstruasi. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi cokelat, maka akan merangsang zat yang memberikan rasa senang pada wanita. Selain itu, cokelat juga bisa meningkatkan konsentrasi seorang wanita.

Kacang kenari

Sumber makanan selanjutnya yang penting untuk dikonsumsi oleh wanita adalah kacang kenari. Kandungan omega-3 pada kacang kenari akan merangsang hormon eikasanoid yang berguna untuk membantu melancarkan aliran darah menuju rahim sehingga membantu perkembangan janin. Selain itu, kandungan omega-3 pada kacang kenari memiliki senyawa yang bisa membantu meningkatkan kesuburan pada wanita.

Related Posts

Share This