Makanan Super Untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Anak

Setiap jenis makanan yang dikonsumsioleh si kecil akan berdampak terhadap kesehatan dan tumbuh kembangnya. Asupan nutrisi yang mendukung kelengkapan empat sehat lima sempurna perlu diperhatikan oleh setiap orangtua guna membantu mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Selain itu, pentingnya asupan makanan bergizi terkait dengan sistem kekebalan tubuh si kecil.

Tahukah Anda jika makanan yang dikonsumsi oleh si kecil akan memberikan dampak terhadap imunitas mereka? Asupan makanan yang bergizi amat penting dalam tahap perkembangan anak. Hal ini untuk menangkal segala bentuk infeksi virus maupun bakteri yang kemungkinan menghambat tumbuh kembang anak.

Beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin dan mineral dianjurkan untuk si kecil guna meningkatkan sistem imun tubuhnya. Vitamin dan mineral bisa berperan sebagai antioksidan dalam membantu menjaga kesehatan si kecil. Lalu apa saja jenis makanan yang berguna dalam meningkatkan imun si kecil?

Jenis Makanan Sehat Untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh Anak

  1. Buah dan Sayur

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika buah dan sayur sangat baik untuk kesehatan tubuh. Hal ini karena buah-buahan dan sayuran mengandung vitamin serta mineral. Bahkan buah-buahan dan sayuran kaya akan akndungan antioksidan yang sangat berguna untuk tubuh.

Dalam upaya untuk meningkatkan sistem imun tubuh si kecil, berikan asupan buah dan sayur secara teratur. Ajarkan kebiasaan mengkonsumsi sayuran sejak dini supaya menjadi sebuah kebiasaan bagi si kecil ketika kelak tumbuh dewasa. Dengan begitu maka kebutuhan nutrisi dan sistem imun tubuh si kecil akan terjaga dengan baik.

  1. Yoghurt

Makanan olahan dari susu ini mengandung ragam manfaat untuk kesehatan. kandungan bakteri baik pada yoghurt bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Anak-anak yang mendapatkan asupan yoghurt secara teratur maka akan memiliki sistem imun yang lebih baik sehingga terhindar dari resiko penyakit yang berbahaya.

  1. Walnut

Kandungan asam lemak omega-3 pada kacang walnut bermanfaat untuk kesehatan dan meningkatkan imun tubuh si kecil. Dari hasil riset menunjukan bahwa kacang walnut bisa menurunkan resiko penyakit pada saluran pernafasan.

  1. Daging Rendah Lemak

Kandungan protein yang tinggi dari daging tanpa lemak bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil. Salah satu contohnya yaitu ikan, ayam dan daging sapi. Daging yang sehat mengandung banyak zinc sehingga bermanfaat meningkatkan imun tubuh si kecil.

  1. Kefir

Merupakan minuman susu ferrmentasi yang menyerupai yoghurt. Namun kefir memiliki tekstur yang lebih cair. Minuman sehat ini mengandung bakteri baik yaitu Lactobacillus. Bakteri baik tersebut berguna untuk menjaga kesehatan tubuh terutama saluran pencernaan. Selain itu, konsumsi mimunan sehat ini bermanfaat untuk meningkatkan imun tubuh si kecil pada masa pertumbuhannya.

Dalam upaya meningkatkan imun tubuh si kecil maka pastikan Anda memberikan asupan makanan yang lebih beragam dan bervariasi. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This