Makanan Sehat Untuk Diet Ibu Menyusui

Perubahan hormon yang terjadi selama menjalani proses kehamilan dan setelah melahirkan kadang membuat berat badan seorang wanita mengalami kenaikan. Hal ini menyebabkan wanita menjadi tidak percaya diri dan menginginkan kembali berat badan yang ideal. Langkah yang diambil untuk mengatasi hal tersebut biasanya dengan melakukan program diet selama menyusui. Lalu muncul pertanyaan apakah boleh diet selama menyusui? Apakah berpengaruh terhadap kualitas ASI yang di hasilkan?

Diet untuk menurunkan berat badan bisa dilakukan oleh ibu menyusui asalkan diet yang dijalankan adalah diet yang  sehat sehingga tidak akan mempengaruhi kualitas ASI yang dihasilkan untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Diet yang sehat adalah diet yang menjaga pola hidup dan pola makan bukan membatasi makan atau jumlah makanan. Diet buat ibu menyusui memiliki perbedaan dengan diet untuk wanita pada umumnya. Melakukan diet selama menyusui harus hati-hati dan memperhatikan asupan gizi untuk menghasilkan kualitas dan kuantitas ASI yang bagus.

Makanan sehat untuk diet ibu yang sedang menyusui

Ada beberapa makanan yang akan membantu diet anda selama menyusui dan akan tetap menjaga nutrisi yang di butuhkan bayi.

  • Daging sapi yang rendah lemak

Daging mengandung sumber nutrisi seperti zat besi yang di butuhkan dalam perkembangan bayi. Supaya diet anda berhasil dan bayi tetap mendapatkan nutrisi sebaiknya konsumsi daging sapi yang rendah lemak.

  • Gandum

Gandum merupakan jenis karbohidrat yang kompleks. Kandungan serat yang tinggi pada gandum akan membakar kalori lebih cepat bila di banding dengan karbohidrat yang sederhana. Asam folat dalam gandum sangat tinggi sehingga bagus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi. Pada waktu sarapan anda bisa mengkonsumsi gandum dalam bentuk roti atau sereal yang di campur susu.

  • Beras merah

Beras merah juga merupakan karbohidrat kompleks yang mengandung serat tinggi dengan kadar gula yang rendah. Beras merah bisa membakar kalori lebih cepat serta dapat melancarkan metabolisme dalam tubuh. Ibu menyusui biasanya di sarankan untuk makan dengan porsi yang kecil dan teratur. Beras merah bisa menjadi alternatif anda karena meskipun di konsumsi dalam porsi sedikit akan membuat perut kenyang dan kebutuhan nutrisi tetap terjaga.

  • Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam merupakan makanan yang sehat untuk diet dan sangat dianjurkan untuk ibu yang sedang menyusui karena jenis sayuran ini dapat memproduksi ASI lebih banyak. Bayam juga sangat bagus untuk melancarkan program diet dan memenuhi nutiri anda selama menyusui karena mengandung lemak yang sehat (alpa lipoic dan glutathione), protein, lemak, karbohidrat dan kandungan serat yang cukup tinggi.

  • Ikan

Salah satu ikan yang kaya akan protein dan bagus untuk program diet anda yaitu ikan lele. Kandungan lisin dalam ikan lele sangat bagus untuk pertumbuhan tulang bayi. Lele merupakan salah satu ikan yang rendah akan kandungan merkuri sehingga tidak akan mempengaruhi kualitas ASI yang anda hasilkan untuk bayi.

  • Hindari mengkonsumsi cemilan yang tidak sehat

Supaya program diet berhasil dan asupan nutrisi untuk bayi tetap terjaga sebaiknya anda menghindari cemilan atau makanan yang tidak sehat seperti makanan cepat saji atau junk food.  Makanan yang kurang sehat dan mengandung banyak lemak jahat malah akan membuat berat badan anda bertambah dan kesehatan bayi bisa terganggu.

  • Perbanyak minum air mineral (air putih)

Air putih akan melancarkan produksi ASI dan mencegah terjadinya dehidrasi akibat menyusui. Selain itu, air putih sangat bagus untuk diet yang sedang anda jalani.

  • Berolahraga yang teratur

Olahraga akan membakar kalori dan timbunan lemak dalam tubuh anda. Membiasakan olahraga yang teratur akan mendukung program diet yang sedang di jalani. Selain itu, dengan berolahraga akan melancarkan peredaran daran sehingga produksi ASI akan tetap lancar dan berkualitas.

Itulah beberapa anjuran untuk diet dengan makanan yang sehat selama menyusui supaya asupan nutrisi untuk ibu dan bayi tidak terganggu. Pada waktu menyusui memang sangat penting untuk memperhatikan gizi agar pertumbuhan bayi berjalan normal tanpa ada kelainan apapun.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517