Makanan Sehat Untuk Bayi Usia 7 Bulan

Pada usia 6 bulan bayi sudah bisa diperkenalkan dengan makanan padat dalam melengkapi kebutuhan nutrisi untuk mengoptimalkan perkembangannya. Ketika bayi sudah menginjak usia 7 bulan maka perkembangannya berlangsung dengan sangat pesat sehingga Anda harus lebih cermat dalam memberikan asupan nutrisi. Makanan bayi yang Anda sajikan harus menunjang perkembangan di setiap tahapnya. Selain itu, pada usia 7 bulan, bayi sudah mulai tumbuh gigi sehingga tekstur makanan yang Anda berikan sudah bisa ditingkatkan.

Sekilas Tentang Nutrisi Yang Dibutuhkan Oleh Bayi 7 Bulan

Tidak jauh berbeda dengan usia sebelumnya, bayi 7 bulan membutuhkan nutrisi untuk menunjang dan mengoptimalkan pertumbuhannya. Berikut kebutuhan nutrisi pada usia 7 bulan:

  • Pada usai 7 bulan bayi membutuhkan banyak asupan vitamin B12, B6, vitamin A, B, C, K dan jenis vitamin lainnya. Nutrisi tersebut dibutuhkan untuk mengoptimalkan perkembangan bayi. Nutrisi tersebut bisa diperoleh dari sayuran dan buah-buahan.
  • Salah satu sumber mineral yang dibutuhkan oleh bayi 7 bulan yaitu zat besi untuk meningkatkan hemoglobin. Selain itu, zat besi juga berguna untuk pertumbuhan gigi dan tulang. Selain itu, bayi juga membutuhkan kromium untuk kelangsungan proses metabolisme insulin di dalam darah. Sumber makanan bayi 7 bulan yang mengandung nutrisi tersebut adalah daging merah tanpa lemak.
  • Karbohidarat dibutuhkan bayi sebagai sumber energi untuk proses metabolisme tubuh yang menunjang perkembangannya. Makanan bayi sehat yang mengandung karbohidrat kompleks sangat dianjurkan seperti beras merah.
  • Lemak sehat. Bayi membutuhkan asupan sumber makanan yang mengandung lemak sehat untuk mengoptimalkan penyerapan vitamin. Selain itu lemak sehat juga dibutuhkan bayi untuk menunjang perkembangan otak. Salah satu lemak yang berguna bagi bayi yaitu omega-3.

Menu Makanan Bayi 7 Bulan

Pada usia 7 bulan, makanan padat pendamping ASI yang Anda berikan sebaiknya tidak mengandung kadar garam atau gula terlalu tinggi. Bahkan sebaiknya makanan yang disajikan untuk bayi sebaiknya tidak menggunakan garam untuk mencegah gangguan pada sistem pencernaan bayi. Pada dasarnya gula dan garam sudah diperoleh bayi dari ASI.

  1. Bubur buah alpukat

Salah satu sumber makanan yang baik untuk bayi usia 7 bulan yaitu buah alpukat. Tekstur daging buah alpukat sangat lembut sehingga lebih mudah dicerna oleh bayi. Selain itu alpukat memiliki banyak nutrisi seperti omega-3 dan nutrisi penting lainnya. Omega-3 berguna untuk meningkatkan kecerdasan otak bayi. Berikut resep dan cara membuat bubur buah alpukat untuk bayi 7 bulan.

  • 50 gram buah alpukat matang, 1 sendok tepung beras merah dan air secukupnya
  • Cara membuat. Tepung beras dimasukan kedalam air sambil diaduk sehingga benar-benar tercampur kemudian direbus sampai matang, masukan alpukat sambil diaduk sehingga tercampur dengan baik. Sajikan pada bayi selagi hangat.
  1. Nasi tim
  • 20 gr beras, 25 gr tomat, 25 gr hati ayam, 25 gr tempe, 50 gr labu kuning dan air secukupnya.
  • Cara membuat. Beras, hati ayam dan tempe dimasukan ke dalam air, kemudian di rebus sampai benar-benar matang. Masukan labu kuning dan tomat sampai matang dan tercampur. Setelah semua bahan matang, dinginkan dan haluskan dengan menggunakan blender supaya teksturnya benar-benar halus sehingga lebih mudah dicerna.

Itulah makanan sehat untuk bayi 7 bulan yang bisa Anda sajikan dalam mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangannya. Anda juga bisa menambahkan jenis sayuran dan buah-buahan yang lain untuk membuat bubur bayi.

Related Posts

Share This