Makanan Sehat Pengganti Nasi Untuk Program Diet Ibu Hamil

Kelebihan berat badan (obesitas) pada waktu hamil tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin. Obesitas sangat beresiko menyebabkan berbagai keluhan selama hamil seperti diabetes dan penyakit lainnya. Selain itu, permasalahan berat badan yang berlebih akan berdampak terhadap proses persalinan. Oleh karena itu, ibu hamil harus senantiasa menjaga berat badan dengan mengkonsumsi makanan sehat selama hamil.

Dalam menjalani program diet selama hamil sebaiknya mengurangi konsumsi nasi dan menggantinya dengan sumber karbohidrat lain yang bersifat lebih kompleks. Makanan sehat bagi ibu hamil sebagai pengganti nasi sangat mudah untuk diperoleh. Salah satunya yaitu dari kelompok umbi-umbian seperti singkong.

Jenis Makanan Sehat Pengganti Nasi Untuk Diet Ibu Hamil

Pada dasarnya nasi merupakan salah satu sumber karbohidrat yang memiliki indeks glikemik dalam jumlah yang sangat tinggi yaitu sekitar 70-80. Dalam proses metabolisme, nasi lebih cepat diproses dan diserap menajdi gula darah sehingga beresiko mengakibatkan kegemukan (obesitas). Maka dari itu, ibu hamil harus mengkonsumsi makanan pengganti nasi untuk diet yang aman dan sehat.

  1. Singkong

Perlu Anda ketahui bahwa singkong adalah salah satu sumber karbohidrat yang memiliki indeks glikemik cukup rendah yaitu sekitar 50. Singkong bisa menjadi salah satu alternatif makanan pengganti nasi pada waktu hamil. Sumber karbohidrat yang satu ini memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga sangat cocok untuk menunjang program diet selama hamil. Selain itu, singkong juga berguna untuk mencegah keluhan seputar pencernaan seperti sembelit.

  1. Ubi

Ubi jalar adalah salah satu makanan pengganti nasi yang sehat karena memiliki banyak kandungan nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, kalium dan beberapa mineral penting. Nutrisi tersebut berguna untuk menunjang perkembangan janin dan menjaga kesehatan ibu hamil. Disamping itu, ubi jalar memiliki indeks glikemik cukup rendah yaitu sekitar 54 sehingga aman untuk menjaga berat badan ideal selama hamil.

  1. Jagung

Indeks glikemik jagung lebih rendah daripada nasi yaitu sekitar 55. Jagung sangat cocok dikonsumsi oleh ibu hamil sebagai pengganti nasi. Kandungan nutrisi pada jagung tidak perlu diragukan lagi. Makan yang satu ini sangat kaya akan nutrisi yaitu mineral, serat, antioksidan, dan vitamin B yang berguna untuk melengkapi kebutuhan nutrisi ibu hamil dan janin.

  1. Buah sukun

Sukun merupakan sumber karbohidrat yang aman untuk menjaga berat badan jika dibandingkan dengan nasi. Indeks glikemik pada sukun sangat rendah sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes dan orang yang menjalankan program diet. Sukun mengandung flavonoid yang berguna untuk menjaga kesehatan jantung dan ginjal.

  1. Pasta

Pasta bisa dijadikan makanan pengganti nasi untuk diet pada waktu hamil karena indek glikemik yang rendah yaitu sekitar 4,1. Meskipun indeks glikemik pasta terbilang rendah namun bisa mencukupi kebutuhan karbohidrat bagi ibu hamil. Perlu Anda ketahui bahwa pasta adalah salah satu sumber karbohidrat yang mengandung asam folat untuk menunjang perkembangan saraf janin.

  1. Gandum

Untuk melancarkan program diet selama hamil, Anda bisa mengkonsumsi gandum sebagai makanan pelengkap. Gandum mengandung karbohidrat kompleks yang sangat baik bagi ibu hamil dalam menjaga berat badan. Selain itu, gandum juga memiliki kandungan asam folat yang sangat berguna untuk menunjang perkembangan janin.

Nah, demikian beberapa jenis makanan yang bisa Anda konsumsi selama hamil sebagai pengganti nasi. Diet pada waktu hamil harus dilakukan dengan cara yang benar sehingga kebutuhan nutrisi untuk janin tidak akan terganggu. Perhatikan asupan makanan yang sehat dan bergizi.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517