Makanan Sehat: Manfaat Bayam Bagi Ibu Hamil

Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang mudah diperoleh dengan harga terjangkau. Sayuran jenis ini mengandung zat besi yang berkhasiat untuk mencegah penyakit anemia. Bayam dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dalam melengkapi kebutuhan vitamin dan mineral guna menunjang tumbuh kembang janin. Salah satu manfaat bayam bagi ibu hamil yaitu untuk mencegah bayi lahir cacat karena mengandung asam folat.

Disamping itu, manfaat bayam merah untuk ibu hamil sangat luar biasa. Apa saja manfaat yang diperoleh ibu hamil yang rutin mengkonsumsi bayam? Berikut penjelasannya!

  1. Menekan resiko bayi lahir prematur

Salah satu manfaat sayur bayam untuk ibu hamil yaitu untuk mencegah bayi terlahir secara prematur. Kandungan asam folat pada bayam sangat efektif untuk membantu menjaga kesehatan sistem saraf janin sehingga menenekan resiko bayi lahir cacar yang menjadi pemicu persalinan prematur.

  1. Mencegah bayi cacat lahir

Seperti pada poin pertama disebutkan bahwa bayam mengandung asam folat yang berguna untuk mencegah bayi cacat lahir. Kekurangan asam folat pada waktu hamil sangat beresiko terhadap tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Untuk melengkapi kebutuhan asam folat sebaiknya ibu hamil mengkonsumsi makanan yang lebih beragam dan bervariasi dari kelompok sayuran serta buah-buahan.

  1. Menjaga kesehatan paru-paru

Bayam termasuk salah satu jenis sayuran yang memiliki kandungan beta karoten. Nutrisi tersebut akan diubah menajdi vitamin A di dalam tubuh melalui proses metabolisme. Manfaatnya yaitu untuk membantu perkembangan paru-paru dan mengoptimalkan berat badan ideal pada janinsehingga menekan resiko kelahiran secara prematur.

  1. Mencegah anemia

Kandungan zat besi pada bayam terbukti ampuh dalam mencegah penyakit anemia. Zat besi berperan penting dalam pembentukan hemoglobin. Ibu hamil yang kekurangan zat besi sangat beresiko terhadap gengguan perkembangan janin. Resiko paling parah yaitu kondisi janin berkembang ktidak sesuai tahapan dan rentan terjadi kelahiran prematur.

  1. Mengatasi sembelit

Serat yang terdapat pada bayam terbukti ampuh dalam mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit. Ibu hamil harus senantiasa mencukupi kebutuhan serat guna mencegah berbagai keluhan dan gangguan seputar kehamilan.

  1. Meningkatkan sistem imun

Bayam mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang menyebabkan penyakit pada ibu hamil. Kandungan vitamin C pada bayam cukup tinggi sehingga jika dikonsumsi secar teratur maka ibu hamil tidak akan mudah akit.

  1. Menjaga kestabilan tekanan darah

Tekanan darah tinggi pada ibu hamil bisa mengakibatkan gangguan pada kehamilan dan beresiko terjadinya kelahiran secara prematur atau bayi lahir cacat. Mengkonsumsi bayam akan membantu emngatasi hal tersebut karena bayam mnagndung nitrat yeng berperan dalam menjaga kestabilan tekanan darah.

Demikian manfaat mengkosumsi bayam bagi ibu hamil. Hindarimengkonsumsi sayur bayam dalam keadaan dingin atau dihangatkan kembali karena bisa menjadi racun bagi tubuh.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517