Makanan Sehat dan Bergizi Untuk Balita

Makanan yang bergizi merupakan salah satu faktor penting untuk menunjang kesehatan tubuh. Bagi anak-anak usia balita, makanan bergizi sangat dibutuhkan untuk menunjang tumbuh kembangnya. Menjaga asupan makanan yang bergizi harus dilakukan sejak usia balita. Dalam hal ini Anda sebagai orangtua dituntut untuk lebih selektif dan memperhatikan kebutuhan nutrisi si kecil sesuai dengan tahapan usianya.

Makanan balita hendaknya memiliki unsur nutrisi yang akan memenuhi kebutuhan gizi harian dalam setiap tahap pertumbuhan. Unsur nutrisi yabng dibutuhkan untuk menunjang tumbuh kembang anak diantaranya yaitu karbohidrat, vitamin, protein, mineral dan lain sebagainya.

Karbohidrat dibutuhkan oleh tubuh untuk menghasilkan energi dalam menunjang proses pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Protein berperan penting dalam membantu membangun sel-sel di dalam tubuh. Vitamin berfungsi dalam proses metabolisme dan mineral bermanfaat untuk membangun struktur sel didalam tubuh.

Semua jenis nutrisi tersebut bisa diperoleh dari berbagai sumber makanan seperti sayuran, buah-buahan, daging, telur dan jenis makanan bergizi lainnya. Disamping itu, kebutuhan lemak untuk si kecil juga harus terpenuhi untuk melengkapi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Daftar Makanan Sehat Untuk Balita

Ikan

Salah satu makanan sehat untuk balita yaitu ikan. Kandungan protein pada ikan sangat berguna untuk membantu tumbuh kembang anak. Selain itu beberapa jenis ikan seperti tuna dan salmon memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang berguna untuk membantu pembentukan serta kecerdasan otak anak. Jenis ikan tersebut juga tergolong rendah merkuri sehingga aman untuk dikonsumsi.

Telur

Telur mengandung vitamin D yang berguna untuk membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang. Mengkonsumsi telur secara teratur sangat bagus untuk kesehatan dan kepadatan tulang anak. Selain itu, telur juga mengandung protein untuk membantu pembentukan sel-sel di dalam tubuh.

Kacang-kacangan

Lemak baik dan protein pada kacang-kacangan mnemiliki manfaat yang luar biasa untuk balita. Salah satu manfaatnya yaitu menjaga kesehatan jantung anak dan mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Berikan kacang-kacangan sebagai cemilan sehat untuk anak.

Buah-buahan

Buah-buahan tentunya sudah bisa diperkenalkan pada anak usia balita. Buah-buahan termasuk salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan vitamin dan mineral cukup tinggi. Manfaatnya yaitu untuk meningkatkan sistem imun anak sehingga proses tumbuh kembangnya tidak mengalami gangguan.

Sayuran

Seperti halnya buah-buahan, sayuran juga termasuk sumber makanan dengan kandungan vitamin serta mineral cukup tinggi. Manfaatnya secara garis besar yaitu untuk menjaga kesehatan pencernaan dan menunjang pertumbuhan serta perkembangannya.

Rempah-rempah

Tahukah Anda bahwa rempah-rempah menjadi salah satu sumber nutrisi untuk si kecil. Salah satu rempah yang bisa Anda berikan untuk si kecil yaitu jenis kayu manis untuk menyeimbangkan kadar gula dalam darah.

Related Posts

Share This