Makanan Padat Bergizi Untuk Bayi

Makanan padat sudah bisa diperkenalkan pada bayi ketika menginjak usia 6 bulan. Tahap memperkenalkan MPASI bertujuan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi guna menunjang tumbuh kembang si kecil. Makanan bayi usia 6 bulan keatas hendaknya mengandung beragam nutrisi seperti protein, vitamin, kerbohidrat dan mineral.

Makanan padat bergizi untuk bayi harus diperkenalkan secara bertahap sesuai dengan usia pertumbuhannya. Hal ini bertujuan supaya si kecil mampu beradaptasi dengan rasa dan tekstur makanan baru. Selain itu, pengenalan makanan padat secara bertahap berguna untuk melengkapi kebutuhan nutrisi sei kecil sesuai dengan tahapan usianya.

Dalam memberikan makanan sehat bayi, Anda bisa mengkombinasikan jenis sayur-sayuran, buah-buahan, daging, telur dan jenis makanan sehat lainnya. Pada dasarnya makanan yang diberikan harus lebih variatif guna melengkapi semua kebutuhan nutrisinya.

Berikut Jenis Makanan Padat Bergizi Untuk Bayi

  1. Pisang

Pisang bisa menjadi salah satu pilihan Anda dalam memperkenalkan makanan padat bergizi untuk bayi. Pisang memiliki tekstur lembut sehingga lebih mudah untuk dilumat oleh si kecil. Disamping itu, kandungan nutrisi buah pisang sangat luar biasa diantaranya yaitu potassium, biotin, selenium dan asam folat yang berguna untuk perkembangan/pertumbuhan bayi.

  1. Buah alpukat

Sama halnya dengan buah pisang, alpukat juga memiliki tekstur daging buah yang lembut. Alpukat bisa langsung diberikan untuk makanan bayi ataupun diolah menjadi jus dan puree. Kandungan gizi buah alpukat yaitu niasin, zat besi, magnesium, vitamin A, vitamin C dan lemak omega-3. Manfaatnya yaitu untuk meningkatkan sistem imun si kecil, membentuk kecerdasan otak dan lain sebagainya.

  1. Brokoli

Kandungan nutrisi yang terdapat pada brokoli diantaranya yaitu kalsium, vitamin, folat dan mineral penting lainnya. Sayur jenis ini sangat cocok diperkenalkan sebagai makanan pendamping ASI untuk bayi. Pengolahannya sangat mudah yaitu dengan cara dihaluskan menggunakan blender kemudian dicampurkan ke dalam bubur ataupun puree.

  1. Kentang

Kentang merupakan salah satu jenis sayur yang mengandung karbohidrat. Kentang bisa digunakan sebagai makanan pengganti nasi. Cara mengolahnya sangat mudah yaitu direbus kemudian dihaluskan dan siap untuk diberikan pada bayi. Kandungan nutrisinya yaitu potassium, protein, zat besi, vitamin A dan vitamin C.

  1. Tahu

Bahan dasar dalam membuat tahu yaitu kacang kedelai. Selain itu, tahu memiliki tekstur lembut sehingga lebih mudah untuk dicerna oleh bayi. Kandungan gizi tahu yaitu kalsium, protein dan zat besi. Manfaatnya tidak perlu ditanya lagi yaitu untuk membantu pertumbuhan si kecil, mencegah penyakit anemia dan menjaga kesehatan tulang serta gigi.

  1. Produk susu

Salah satu produk susu yang dianjurkan untuk bayi yaitu yoghurt. Kandungan lemak, protein, kalsium dan beberapa mineral penting pada yoghurt bermanfaat untuk membantu perkembangan si kecil. Disarankan untuk memilih jenis yoghurt dengan rasa tawar dan rendah gula.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517