Makanan Kaya Asam Folat Untuk Ibu Hamil

Selama masa kehamilan, seoarng ibu hamil sangat wajib untuk memperhatikan asupan nutrisi yang masuk kedalam tubuh, hal ini harus dilakukan dari jauh-jauh hari sebelum kehamilan terjadi. Bukan hanya jenis makanan saja yang harus diperhatikan, namun kandungan vitamin, nutrisi serta zat lainnya yang ada di dalam makanan tersebut yang juga penting untuk di perhatikan, termasuk asupan asam folat untuk ibu hamil. Ingat, tidak semua makanan yang memiliki rasa enak yang bisa di konsumsi semasa kehamilan, karena ada beberapa jenis makanna yang memang tidak di anjurkan di konsumsi semasa kehamilan.

asam folat untuk ibu hamil

Ibu yang tengah hamil lebih di sarankan untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan untuk ibu hamil sehat yang memiliki kandungan zat yang dibutuhkan oleh ibu juga janin yang ada di dalam kandungan, seperti sayuran, buah-buhan serta makanan yang memiliki kandungan kaya akan protein serta kaya asam olat sejak mempersiapkan kehamilan. Memperhatikan jenis makanan yang di konsumsi sangat penting, bukan hanya untuk menunjang tumbuh kembang janin yang ada di dalam kandungan, hal ini dilakukan juga untuk mengatasi masalah kehamilan yang kerap kali muncul seperti sembelit juga mual.

Asam folat atau vitamin B9 salah satu komponen atau zat yang sangatlah penting yang dibutuhkan oleh ibu hamil, asam folat ini juga merupakan senyawa yang memiliki manfaat yang banyak, terutama dalam memindahkan karbon tunggal. Mengapa asam folat ini sangat penting, terutama dalam makanan ibu hamil?

Semasa kehamilan, akan terjadinya proses pembentukan DNA pada janin yang ada di dalam kandungan. Mengkonsumsi cukup asam folat bisa menyebabkan pembentukan juga sintesis DNA yang berjalan dengan baik, sehingga hal ini akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan janin yang ada di dalam kandungan serta bagaimana kesehatan, kenormalan, serta kecerdasan si kecil ketika ia tumbuh besar.

Asam folat bukan hanya bermanfaat untuk mencegah terjadinya autism juga membantu pertumbuhan otak, namun asam folat ini juga memiliki manfaat untuk proses perkembangan tulang belakang bayi. Jika kekurangan asupan asam folat, maka bisa menyebabkan sintesis serta terjadinya pembelahan sejumlah sel yang tidak lancer, sehingga kerap kali menyebabkan gangguan darah, penyakit pada bagian lidah, gangguan terhadap sistem pencernaan, serta mampu menghambat penyembuhan luka.

Jika dilihat secara alami, ada beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan asam folat yang tinggi, diantaranya yaitu sayur-sayuran yang memiliki daun hijau seperti bayam, biji-bijian, telur, ragi, daging tanpa lemak, serelia utuh, jeruk, serta hati yang memang memiliki kandungan asam folat yang sangat penting untuk pertumbuhan ini.

Bukan hanya itu, semasa kehamilan buah-buhan juga sangat bermanfaat dan penting untuk di konsumsi. Walaupun tidak memiliki kandungan asaf folat kecuali buah jeruk, namun buah-buhan memiliki nutrisi lainnya yang memang penting untuk tumbuh kembang janin yang ada di dalam kandungan. Sedangkan untuk hati, walaupun hati memiliki kandungan asam folat yang tinggi, namun khusus untuk hati sapi sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. Mengapa? Karena di dalam hati sapi terkandung vitamin A, yang jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak bisa mengganggu kehamialn.

Related Posts

Share This