Makanan Ibu Hamil Yang Mengandung Sumber Zat Besi Terbaik

Ibu hamil dituntut untuk lebih selektif dalam memilih sumber makanan yang akan dikonsumsi sehari-hari. Hal ini karena setiap makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil akan berpengaruh dan memberikan dampak yang signifikan terhadap kesehatan dan perkembangan janin di dalam kandungan. Makanan ibu hamil hendaknya memiliki kandungan nutrisi lengkap yang dibutuhkan oleh janin.

Ibu hamil disarankan mengkonsumsi makanan sumber zat besi untuk membantu pembentukan hemoglobin. Kekurangan darah pada waktu hamil bisa menyebabkan penyakit anemia yang beresiko membahayakan kehamilan. Karena bagaimanapun asupan nutrisi dan aliran oksigen menuju janin akan disuplai melalui aliran darah.

Nah, menyadari hal tersebut, maka penting sekali bagi ibu hamil untuk memperhatikan asupan makanan tinggi zat besi. Lalu apa saja makanan yang disarankan bagi ibu hamil? Sebelumnya perlu Anda ketahui terlebih dahulu bahwa sumber makanan yang mengandung zat besi bisa dikelompokan menjadi dua bagian yaitu kelompok nabati dan hewani.

Daftar Makanan Tinggi Zat Besi Untuk Ibu Hamil

  1. Daging merah

Salah satu makanan tinggi zat besi untuk ibu hamil yaitu daging merah tanpa lemak. Mengkonsumsi 100 gram daging merah akan membantu mencukupi kebutuhan zat besi sebesar 27 %. Dalam 85 gram daging merah terdapat 5,24 mg zat besi.

  1. Bayam

Bayam merupakan salah satu sumber zat besi dari kelompok nabati. Bayam termasuk salah satu sumber makanan yang menagndung zat besi paling tinggi. Dalam 100 gram bayam terdapat 6,43 Mg zat besi. Disamping itu, bayam juga mengandung kalsium dan potassium yang berguna dalam perkembangan skeleton janin.

  1. Tomat

Makanan tinggi zat besi yang selanjutnya yaitu tomat. Kabndungan zat besi pada tomat yaitu sekitar 3,39 mg per 100 gram. Selain itu, tomat juga mengandung likopen dan vitamin C yang berguna sebagai antioksidan untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin.

  1. Kacang hijau

Dibandingkan dengan jenis kacang yang lainnya, kacang hijau termasuk salah satu sumber zat besi terbaik untuk ibu hamil. kacang hijau mengandung sekitar 26,15 mg zat besi per 100 gram.

  1. Kuning telur

Telur merupakan sumber makanan yang mengandung zat besi dan protein cukup tinggi. Dalam mengkonsumsi telur pada waktu hamil, pastikan benar-benar matang dan jangan mengkonsumsi telur mentah atau setengah matang. Hal ini kberesiko terjadi infeksi bakteri Listeria.

  1. Daging ayam

Dalam 100n gram daging ayam bisa mencukupi kebutuhan zat besi harian pada ibu hamil sekitar 30%. Namun perhatikan kebersihan dan pastikan daging ayam di masak dengan benar sebelum dikonsumsi.

  1. Kentang

Kentang merupakan sumber karbohidrat pengganti nasi. Kentang juga mengandung zat besi sekitar 2,7 mg per 100 gram.

Itulah beberapa sumber zat besi tinggi yang berguna bagi ibu hamil. Semoga ulasan yang penulis sajikan bermanfaat bagi Anda dalam mencukupi kebutuhan zat besi pada waktu hamil.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517