Makanan Enak Yang Membahayakan Perkembangan Otak

Makan merupakan salah satu aktivitas penting bagi semua orang dan termasuk ciri makhluk hidup. Proses makan dilakukan untuk memberikan asupan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh dalam menjalankan fungsinya. Selain itu, makanan tergolong salah satu komponen yang memberikan pengaruh signifikan terhadap kesehatan tubuh. Selama ini tanpa disadari ternyata jenis makanan enak bisa membahayakan perkembangan otak.

Mengkonsumsi makanan tidak boleh sembarangan dan jangan hanya memperhatikan rasanya saja. Namun Anda harus selektif dan memastikan bahwa jenis makanan yang dipilih bisa mencukupi kebutuhan nutrisi yang diperlukan tubuh. Tidak semua makanan bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan. Ada beberapa jenis makanan yang ternyata bisa memimbulkan penyakit berbahaya. Salah satunya yaitu menurunkan kinerja otak.

Daftar Makanan Enak Yang Membahayakan Otak

  1. Tuna

Tuna merupakan salah satu jenis ikan yang mengandung omega-3 dan berguna untuk kesehatan otak. Akan tetapi jika ikan tuna dikonsumsi terlalu berlebih justru bisa menimbulkan kerusakan pada otak sehingga menurunkan fungsi otak dan kemampuan kognitif. Mengapa bisa demikian? Hal ini karena adanya kandungan merkuri pada ikan yang akan membahayakan kesehatan otak.

  1. Tahu

Semua orang tentunya mengenal jenis makanan yang satu ini. Tahu terbuat dari kacang kedelai yang kaya akan kandungan protein. Namun tahu justru akan membahayakan kesehatan Anda jika dikonsumsi terlalu banyak. Resikonya yaitu terjadi penurunan kemampuan kognitif dan daya ingat melemah. Mengapa bisa demikian? Hal ini karena tahu mengandung fitoretrogen yang bisa menurunkan kinerja otak.

  1. Lemak Trans

Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak trans secara berlebihan akan menurunkan daya ingat dan kemampuan otak. Bahkan orang yang memiliki kebiasaan tersbut akan kesulitan untuk menghafal dan mengingat sesuatu. Mengingat bahayanya bagi otak, maka sebaiknya Anda menghinari jenis makanan yang mengandung lemak trans.

  1. Sodium

Jangan sesekali menambahkan sodium secara berlebihan dan terlalu sering ke dalam masakan Anda. Hal ini karena sodium bisa menyebabkan fungsi otak melemah dan beresiko terhadap penyakit Alzheimer. Bahkan sodium bisa menurunkan fungsi kognitif.

Itulah beberapa jenis makanan enak yang ternyata bisa membahayakan kesehatan apabila dikonsumsi secara berlebihan. Dalam hal ini sebaiknya Anda bersikap bijak dan membatasi setiap konsumsi makanan. Tidak semua makanan enak baik untuk tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan.

Supaya otak bisa berfungsi dengan baik maka perbanyaklah konsumsi makanan sehat dan kaya akan kandungan aktioksidan seperti sayur dan buah. Selain itu, lakukan aktivitas fisik seperti olahraga pagi untuk memperlancar sirkulasi darah yang membawa nutrisi ke otak. Pola hidup sehat menjadi kunci utama supaya tubuh tetap bugar dan terbebas dari segala jenis penyakit berbahaya. Semoga bermanfaat. Salam sehat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517