Makanan Bayi Sesuai Dengan Tahap Pertumbuhannya

Ketika bunda mulai memperkenalkan makanan bayi atau makanan pendamping ASI (MPASI) kepada si kecil, maka bunda harus memahami pemberian makanan untuk si kecil sesuai dengan tahap pertumbuhannya. Berikut ini ada beberapa jenis makanan bayi yang memang harus bunda sesuaikan dengan tahap pertumbuhan si kecil, yaitu sebagai berikut:

Makanan Pertama

Ketika si kecil berusia 6 bulan, maka bunda dianjurkan untuk memberikan makanan pertamanya selain ASI. Untuk tahapan awal, sebaiknya bunda kenalkan si kecil dengan makanan untuk bayi, yang memang memiliki tekstur lembut. Dan mungkin, sebagai proses belajar si kecil terhadap makanan, Anda bisa memberikannya buah saring.

Misalkan seperti buah pisang, papaya, alpukat, atau bahkan melon. Bukan hanya itu, bunda juga bisa memberikannya biskuit yang khusus untuk bayi 6 bulan yang memiliki kandungan susu. Tekstur biskuti yang lembut dan mudah larut bisa menjadi pilihan untuk MPASI, caranya Anda bisa melarutkan biskuti ini kedalam air atau susu formula untuk di jadikan sebagai bubur biskuit, pastikan tekstur dari bubur biskuit ini lembut dan sedikit cair guna memudahkan si kecil mengkonsumsinya.

Makanan Semi Padat

Setelah Anda memperkenalkan makanan pertama kepada si kecil, maka fase selanjutnya yaitu, kenalkan si kecil dengan makanan semi padat untuk makan bayi. Umumnya si kecil akan mengenal makanan ini di usianya yang menginjak 7-8 bulan, dan bunda bisa membuatkannya bubur sraing.

Buatkan si kecil bubur nasi saring yang lembut, agar si kecil mudah untuk mencernanya. Di usia ini, enzim pencernaan si kecil mulai bekerja dengan aktif, sehingga dengan memberikan makanan semi padat, Anda sudah membantu si kecil dalam merangsang otot mulutnya yang mana juga mendukung kemampuan si kecil untuk berbicara.

Makanan Padat Pertama

Nah, untuk bayi yang berusia 8 bulan ke atas, maka anda bisa menambahkan varian menu serta mengenalkan si kecil dengan makanan yang memiliki tekstur sedikit kasar sebagai makana padat si kecil. Dan di usia ini, Anda sudah mulai bisa memberikannya nasi tim yang dicampurkan dengan hati ayam, ikan, atau bahkan beberapa jenis makanan lainnya.

Dan di usia si kecil yang genap 9 bulan, Anda juga bisa mengenalkannya dengan makanan finger food, dimana si kecil diberi makanan yang memang mudah untuk dipegang sendiri oleh si kecil, misalkan seperti buncis rebus, wortel rebus, atau bajkan brokoli rebus. Dengan mengenalkan jenis makanan ini, maka si kecil akan belajar untuk menggenggam serta menjumput makanannya tanpa bantuan dari orang sekitarnya. Dan perkembangan gerakan motorik ini disebut dengan perkembangan pincer grasp.

Dan untuk bayi yang sudah berusia 1 tahun, umumnya mereka sudah memiliki gigi yang cukup kuat untuk mengunyah setiap makanan yang ia konsumsi. Maka dari itu, Anda bisa memberikan si kecil makanan dengan tekstur menyerupai makanan orang dewasa.

Ingat! Untuk bayi yang berusia 1 tahun ke atas, Anda tidak dianjurkan untuk memberikannya bubur lembek, karena umumnya si kecil akan enggan untuk mengkonsumsi makan sejenis ini. Maka dari itu, Anda dianjurkan untuk memberikan nasi lembek yang dicampurkan dengan sup atau makanan lainnya. Anda juga harus memastikan bahwa tahap pengenalan makanan pada bayi telah sesuai dengan tahapan perkembangan si kecil.

Related Posts

Share This