Makanan Bayi: Manfaat Kacang Merah

Kacang merah merupakan salah satu sumber makanan dari kelompok biji-bijian. Makanan yang satu ini termasuk sumber protein nabati yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain diolah menjadi sayur asam manis, ternyata kacang merah bisa dijadikan sebagai makanan bayi. Hal ini karena kandungan nutrisi kacang merah sangat beragam dan melimpah untuk menunjang tumbuh kembang si kecil.

Bubur kacang merah untuk bayi merupakan salah satu menu yang bisa Anda sajikan. Selain cara pengolahannya mudah, bubur kacang merah sangat efektif untuk disajikan sebagai makanan pendamping ASI dalam menunjang tumbuh kembang bayi. Namun, pada kesempatan ini penulis tidak akan membahas cara membuat bubur kacang merah, melainkan manfaat kacang merah untuk bayi.

Manfaat Kacang Merah Untuk Bayi

Meningkatkan kecerdasan otak

Manfaat kacang merah untuk bayi yang pertama yaitu membantu meningkatkan kecerdasan otak. Kandungan folat dan asam lemak omega-3 di dalam kacang merah berguna untuk membentuk jaringan otak dan memelihara kesehatan sistem saraf.

Menjaga kesehatan jantung

Kelainan jantung pada bayi merupakan gangguan kesehatan yang paling berbahaya. Pada dasarnya gangguan tersebut bisa dicegah sejak bayi di dalam kandungan dengan cara mengkonsumsi makanan bergizi. Salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi kacang merah. Kandungan flavonoid dan antioksidan kacang merah berperan penting dalam memelihara kesehatan jantung.

Menjaga berat badan ideal

Kelebihan berat badan pada anak tentunya tidak boleh dianggap sepele karena bisa mengganggu tumbuh kembangnya. Disamping itu, kelebihan berat badan bisa memicu penyakit berbahaya pada anak. Kacang merah mengandung serat yang berguna untuk memperlancar pencernaan sehingga mencegah berat badan berlebih.

Membantu metabolisme tubuh

Kacang merah mengandung protein, vitamin, antioksidan dan nutrisi penting lainnya yang berguna dalam membantu proses metabolisme. Mengkonsumsi kacang merah secara rutin tentunya sangat berguna untuk menjaga kesehatan si kecil.

Mencegah anemia

Kandungan zat besi pada kacang merah berguna untuk membantu pembentukan hemoglobin. Hal ini tentunya sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit anemia dini pada anak. Dengan begitu, jika sirkulasi darah lancar maka asupan nutrisi untuk pertumbuhan si kecil tidak akan terhambat.

Menurukan kadar koleterol jahat

Kacang merah mengandung mineral penting seperti magnesium. Manfaatnya yaitu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat untuk mencegah penyakit berbahaya seperti stroke dan serangan jantung.

Itulah manfaat kacang merah untuk bayi secara garis besar, jika dikaji lebih jauh lagi masih banyak manfaat luar biasa yang bisa diperoleh dengan mengkonsumsi kacang merah secara rutin. Kacang merah bisa diolah menjadi berbagai macam menu makanan untuk bayi. Selain bubur, kacang merah juga bisa dijadikan sebagai campuran nasi tim untuk bayi berusia satu tahun keatas. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517