Makanan Balita: Pilihan Makanan Bergizi

Makanan termasuk salah satu unsur penting dalam menunjang tumbuh kembang anak. Makanan balita berpengaruh terhadap perkembangan psikis dan fisik. Untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembang balita sesuai dengan tahap usianya maka Anda harus senantiasa memberikan asupan makanan bergizi.

Menjaga asupan makanan bergizi untuk anak harus mulai diterapkan sejak usia dini. Dalam hal ini Anda harus lebih selektif untuk memilih jenis makanan untuk si kecil. Pada usia balita, Anda tidak boleh sembarangan untuk memberikan makanan karena hal tersebut bisa berdampak buruk terhadap tumbuh kembangnya.

Makanan sehat untuk balita harus senantiasa mengandung gizi yang bisa melengkapi kebutuhan nutrisi harian. Jenis nutrisi yang harus tercukupi diantaranya yaitu karbohidrat, protein, vitamin, lemak dan mineral. Kebutuhan nutrisi tersebut bisa tercukupi dnegan memberikan asupan makanan seperti sayur-sayuran, buah-buahan, daging, ikan dan jenis makanan sehat lainnya.

Sumber vitamin yang paling mudah untuk diperoleh yaitu dari beberapa jenis buah dan sayur. Pemberian buah dan sayur bisa Anda mulai sejak si kecil memasuki tahap MPASI. Kemudian kebiasaan tersebut dilanjutkan pada usia balita lhingga anak tumbuh besar. Jika dilakukan secara tepat dan benar maka hal ini sangat berguna dalam mengoptimalkan perkembangannya.

Makanan yang mengandung lemak bai sangat dibutuhkan guna membantu pertumbuhan otak dan beberapa organ tubuh lainnya. Semua itu bisa diperoleh dari sumber makanan seperti daging, ikan, mentega, keju atau buah-buahan seperti alpukat.

Berikut Jenis Makanan Bergizi Untuk Balita

  1. Buah-buahan

Buah-buahan bisa diperkenalkan pada anak sejak usia dini yaitu ketika menginjak usia 6 atau 7 bulan. Buah-buahan bisa menjadi salah satu pilihan MPASI. Pengolahanya bisa dalam bentuk bubur, puree atau jus buah. Dalam hal ini buah-buahan harus diperkenalkan secara bertahap. Ketika memasuki usia balita, buah-buahan bisa diberikan secara langsung tanpa pengolahan karena sistem pencernaan anak sudah mulai berfungsi dengan baik.

Buah-buahan sangat dianjurkan untuk anak usia balita. Hal ini karena buah mengandung vitamin, mineral dan serat cukup tinggi. Manfaatnya sangat beragam, salah satunya yaitu untuk meningkatkan kekebalan tubuh si kecil dan melengkapi semua kebutuhan nutrisi yang diperlukan selama tahap perkembangan.

  1. Telur

Protein pada telur terbilang cukup tinggi. Manfaatnya yaitu untuk membantu pembentukan sel-sel di dalam tubuh. Selain itu, kandungan vitamin D pada telur berperan penting dalam membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang.

  1. Ikan

Jenis ikan yang dianjurkan dalam tahap perkembangan anak yaitu ikan tuna dan salmon. Ikan tersebut rendah kandungan merkuri dan mengandung asam lemak omega-3 yaitu EPA dan DHA dalam kadar cukup tinggi. Manfaatnya yaitu untuk membantu perkembangan otak dan kecerdasan.

  1. Sayur dan kacang-kacangan

Seperti halnya buah-buahan, sayuran dianjurkan untuk si kecil dalam tahap pertumbuhannya. Kandungan serat, vitamin dan mineral pada sayur sangat efektif untuk menunjang kesehatan dan pertumbuhan. Selain itu, kacang-kacangan juga tergolong jenis makanan sehat untuk anak karena mengandung protein dan lemak baik yang berguna menjaga kesehatan jantung si kecil.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517