Makanan Agar bayi Cerdas Sejak Dalam Kandungan

Makanan merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Semua jenis makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil akan berdampak terhadap kesehatan si kecil. Disamping itu, makanan juga menjadi salah satu faktor penting yang menunjang kecerdasan bayi. Lalu jenis makanan apa yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil agar bayi cerdas sejak dalam kandungan?

Sebagai ibu hamil, tentunya Anda harus memperhatikan setiap makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Pada dasarnya ibu hamil tidak boleh sembarangan mengkonsumsi makanan. Terlebih lagi jika Anda mengharapkan seorang anak yang cerdas maka penting untuk mengetahui jenis makanan untuk kecerdasan otak.

Jenis Makanan Untuk Kecerdasan Otak Janin

  • Makanan kaya omega-3

Salah satu jenis makanan untuk kecerdasan otak janin yaitu asam lemak omega-3. Perlu Anda ketahui bahwa omega-3 merupakan salah satu sumber nutrisi yang berperan penting dalam menjaga kesehatan sistem saraf terutama pada neuron. Sumber makanan omega-3 yaitu kacang-kacangan, sereal gandum, ikan salmon, ikan tuna, daging merah dan sayuran.

  • Asam folat

Asam folat merupakan salah satu nutrisi yang penting untuk ibu hamil dalam menunjang kesehatan janin. Kekurangan asam folat pada waktu hamil bisa mengakibatkan janin terlahir cacat dan prematur. Selain itu, asam folat memiliki peran penting dalam menunjang kecerdasan bayi sejak dalam kandungan. sumber makanan yang mengandung asam folat yaitu sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan dan buah-buahan.

  • Protein

Sumber makanan yang mengandung protein berperan penting dalam menunjang pertumbuhan sel-sel baru serta hormon yang berperan penting dalam tumbuh kembang bayi. Disamping itu, protein berperan penting dalam menunjang kecerdasan otak si kecil. Sumber makanan yang mengandung protein yaitu susu, kacang-kacangan, telur dan daging.

  • Makanan sumber zat besi

Sumber makanan yang mengandung zat besi diperlukan oleh ibu hamil dalam mencegah penyakit anemia. Zat besi berperan penting dalam pembentukan hemoglobin dan transportasi oksigen dan nutrisi yang diperlukan oleh janin. Jika Ibu hamil kekurangan zat besi maka hal tersebut akan mempengaruhi tingkat IQ bayi. Sumber makanan yang mengandung zat besi yaitu daging sapi tanpa lemak, sayur-sayuran, kacang-kacangan dan daging ayam.

  • Buah dan sayur

Untuk membuat bayi cerdas sejak dalam kandungan, konsumsilah sayur-sayuran dan buah-buahan. Makanan tersebut merupakan sumber vitamin dan mineral. Selain itu, sayur dan buah merupakan sumber antioksidan untuk mencegah radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan pada otak janin. Dengan mengkonsumsi buah dan sayur secara rutin selama hamil maka sangat berguna dalam menunjang kecerdasan otak bayi.

Demikian jenis makanan yang bisa Anda konsumsi selama hamil dalam menunjang tumbuh kembang dan kecerdasan otak si kecil setelah lahir. Disamping itu untuk menstimulus kecerdasan si kecil sejak dalam kandungan, biasakan untuk memperdengarkan musik klasik ataupun lantunan ayat suci. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This