Mainan Untuk Mendukung Tumbuh Kembang Bayi Pada Usia 6 bulan

Bayi yang berusia 6 bulan sudah memiliki pergerakan yang lebih aktif. Biasanya bayi selalu berusaha bergerak dan ingin menggapai sesuatu, terlebih ketika melihat benda yang memiliki warna mencolok. Pada usia tersebut Anda bisa mengajak bayi bermain dan memberikan jenis mainan yang aman. Bermain dengan bayi akan menambah keakraban dan ikatan batin antara sang ibu dan bayi. Mengajak bayi bermain merupakan salah satu bentuk stimulasi untuk mengoptimalkan perkembangan fisik dan psikis bayi.

Mainan bayi 6 bulan

Pada beberapa kasus banyak orangtua yang tidak menyadari tentang jenis mainan yang harus diberikan pada bayi sesuai tahapan usia untuk menunjang perkembangannya. Ketika bayi sudah memasuki usia 6 bulan, Anda bisa mulai memberikan jenis mainan yang bisa di gigit (teether) oleh bayi. Tujuan memberikan mainan ini adalah untuk merangsang pertumbuhan gigi pada bayi. Selain itu untuk merangsang motorik bayi, Anda bisa memberikan mainan yang bisa ditekan oleh bayi.

Memberi mainan pada bayi usia 6 bulan harus memperhatikan tingkat keamanan dari mainan tersebut. Hindari memberi mainan yang mengandung bahan kimia. Orangtua harus teliti dan hati-hati ketika memberikan mainan bayi.

Jenis Mainan Untuk Bayi Usia 6 Bulan

  • Mainan berbentuk gantungan

Jenis mainan yang pertama untuk bayi berusia 6 bulan yaitu mainan yang berbentuk gantungan. Mainan seperti itu banyak macamnya seperti boneka kecil, manik-manik dan mainan gantung yang mengeluarkan bunyi. Disarankan bagi Anda untuk memilih jenis mainan yang menarik dan aman untuk bayi. Ketika mengajak bayi bermain, Anda bisa mengerakan mainan tersebut ke depan dan ke belakang. Memberi mainan jenis ini akan berguna untuk melatih dan memberikan stimulus terhadap kemampuan visual bayi. Selain itu mainan gantung yang mngeluarkan bunyi sangat berguna untuk melatih ketajaman pendengaran bayi.

  • Mainan boneka tangan

Mainan boneka tangan memiliki tali khusus yang bisa diikatkan pada tangan atau kaki bayi. Biasanya mainan tersebut akan mengeluarkan bunyi ketika tangan atau kaki bayi bergerak. Mainan ini bermanfaat untuk melatih motorik bayi.

  • Mainan berbentuk cermin

Mainan bayi 6 bulan yang selanjutnya yaitu cermin kecil. Bayi akan merasa senang ketika melihat bayangan di cermin. Anda bisa memberikan mainan berbentuk cermin kecil dengan bahan dasar plastik supaya aman bagi bayi yang berusia 6 bulan. Gerakan cermin tersebut sehingga bayi akan mengikuti dan berusaha mengambil cermin tersebut. Cara tersebut akan menstimulus kemampuan bayi dalam bergerak dan melatih fokus bayi terhadap suatu benda.

  • Mainan bayi yang mempunyai roda

Untuk menstimulasi supaya bayi bergerak dan belajar merangkak, Anda bisa memberikan jenis mainan yang memiliki roda seperti mobil-mobilan atau berbentuk binatang tapi memiliki roda. Ketika bayi akan mengambil mainan, cobalah Anda untuk menarik mainan tersebut sehingga bayi akan terstimulus untuk menggapai mainan tersebut. Permainan tersebut sangat berguna untuk melatih motorik bayi.

  • Mainan berbentuk alat musik

Anda bisa memberikan mainan untuk bayi 6 bulan berbentuk alat musik pada bayi seperti piano kecil atau drum. Biarkan supaya bayi memijit dan memukul alat musik tersebut karena hal ini berguna untuk melatih motorik halus pada bayi.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517