Mainan Anak: Normalkah Jika Anak Lebih Menyukai Mainan Lawan Jenis?

Mainan anak merupakan salah satu media terbaik untuk mengedukasi dalam setiap tahap perkembangannya. Mainan bisa menjadi media untuk belajar, berimajinani dan mengekpresikan emosi. Anak akan memperoleh kesengan ketika mendapatkan mainan favorit dan hal ini secara tidak langsung akan memberikan dampak positif terhadap tumbuh kembangnya.

Namun terkadang Anda merasa khawatir ketika anak lebih menyukai permainan dan jenis mainan lawan jenisnya. Bahkan kebanyakan orangtua merasa cemas jika hal tersebut akan memberikan dampak terhadap perkembangan psikologis anak di masa depan. Lantas normalkah jika anak lebih menyukai mainan lawan jenisnya?

Pada dasarnya mainan anak laki-laki dan perempun hanyalah sebuah konsep dari pemasaran. Hal penting yang harus diperhatikan oleh setiap orangtua yaitu fungsi mainan tersebut. Fungsi dari mainan diharapkan bisa memberikan stimulasi untuk kemampuan gerak dan pemahaman tentang pengendalian emosi. Anda sebaiknya memilih mainan yang beragam dengan manfaat yang berbeda untuk menstimulasi tumbuh kembang anak.

Orangtua sebaiknya tidak terburu-buru untuk merasa khawatir jika anak lebih menyukai permainan lawan jenis. Dalam hal ini peran Anda adalah mengarahkan dan memberikan penjelasan pada anak bahwa mainan tersebut merupakan permainan untuk lawan jenis. Jika anak Anda laki-laki dan menyukai permainan bongkar pasang rumah-rumahan maka sebaiknya Anda menggantinya dengan bongkar pasang gedung bertingkat untuk anak laki-laki.

Menurut seorang psikolog mengungkapkan bahwa tidak ada hubungan dan keterkaitan antara jenis mainan yang disukai anak pada usia balita dengan tumbuh kembang hingga usia remaja. Dalam hal ini sebaiknya Anda tidak menunjukan reaksi yang berlebihan. Seperti yang dikatakan sebelumnya, tindakan yang sebaiknya Anda lakukan adalah mengarahkan dan memberikan pengawasan.

Anak laki-laki menyukai mainan anak perempuan dan begitupun sebaliknya. Hal ini bisa saja dipicu oleh keinginan anak supaya mendapatkan perhatian dari lingkungan sekitar atau merasa ingin menonjolkan diri dari orang lain.

Berikut Ini Langkah Cara Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Mengatasi Anak Yang Menyukai Permainan Lawan Jenis

  1. Jangan mengkritik dan meledeknya. Tindakan yang sebaiknya Anda lakukan adalah memberikan pemahaman dan pengertian bagi anak. Secara perlahan maka si anak akan mengubah kebiasaan tersebut.
  2. Dalam menjaga psikologinya, Anda bisa membantunya untuk mengatasi ledekan dari teman-temannya. Ajarkan pada anak supaya menyukai permainan sesuai dengan genre yang seharusnya.
  3. Berikan pengawasan pada anak dan jangan memaksa anak untuk melakukan permainan yang tidak disukainya.

Jika anak Anda hanya sebatas menyukai permainan tersebut sebagai cara berinteraksi dengan teman-teman perempuan maka ktiak perlu khawatir. Akan tetapi jika anak menyukai mainan tersebut dan banyak mengoleksi mainan lawan jenis maka perlu diwaspadai karena dikhawatirkan akan mempengaruhi kepribadiannya di masa mendatang.

Related Posts

Share This