Macam-macam Penyakit Menular yang Penting Anda Ketahui

Macam-macam penyakit menular. Penyakit menular adalah penyakit yang bisa menular atau bahkan berpindah dari satu orang ke orang lainnya yang memang bisa di sebabkan oleh kontak secara langsung dengan orang yang menderita penyakit tersebut atau bahkan secara tidak langsung melalui pelantara lainnya.

Macam-macam penyakit menular sangatlah banyak untuk saat ini, dan pada umumnya penyakit menular ini di sebabkan oleh pathogen. Namun pada pembahasan kami kali ini, kami akan mengklasifikasikan beberapa jenis penyakit menular berdasarkan cara dalam proses penularannya.

Umumnya, penyakit menular ini di sebabkan oleh seseorang yang memang tertular oleh kuman atau pathogen yang memang bisa berupa virus, bakteri, amoeba atau bahkan jamur dari seorang penderita. Dan jika di lihat berdasarkan cara dari penularannya, penyakit menular ini bisa di kelompokkan sebagai berikut:

Penyakit Menular Melalui Air

Untuk jenis penyakit yang di tularkan melalui air, umumnya akan masuk dengan mudah ke dalam tubuh melalui makanan atau bahkan minuman yang di konsumsi oleh seseorang. Dan sontoh penyakit yang memang di tularkan melalui air ini diantaranya yaitu penyakit tifus, kolera, serta penyakit disentri.

Penyakit Menular Melalui Udara

Penyakit juga akan menular melalui udara, yang mana dikarenakan udara di sekitar Anda telah terkontiminasi oleh kuman penyakit yang memang terhirup oleh Anda. Dan untuk penyakit yang umumnya di tularkan melalui udara yaitu penyakit TBC, flu burung, serta penyakit SARS.

Maka dari itu, Anda harus memastikan kalau udara di sekitar Anda aman. Dan jika ada keluarga yang tengah mengalami penyakit ini, agar Anda tidak tertular, maka Anda atau bahkan si penderita bisa menggunakan masker agar tidak menularkan penyakit.

Penyakit Menular Melalui Alat Kelamin

Jenis penyakit ini umumnya ditularkan melalui seseorang yang memang menderita penyakit tertentu yang mana ketika itu berhubungan badan atau bahkan terjadinya proses cairan tertentu. Dan contoh penyakit yang bisa di tularkan melalui alat kelamin yaitu seperti penyakit AIDS/HIV, penyakit Sifilis juga penyakit HPV.

Penyakit Menular Melalui Kulit

Penyakit yang ditularkan melalui kulit umumnya akan terjadi ketika Anda secara langsung bersentuhan dengan si penderita. Untuk penyakit menular jenis ini, biasanya terjadi pada orang-orang yang menderita penyakit herps, kudis, kurap, atau bahkan cacar air.

Maka dari itu, ketika ada teman, saudara atau bahkan tetangga yang tengah mengalami masalah kulit, sebaiknya Anda tidak bersentuhan secara langsung guna menghindari penyakit tersebut menyerang Anda.

Penyakit Menular Melalui Binatang

Penyakit menular juga bisa menyebar atau menular melalui kotoran binatang atau bahkan kontak secara langsung dengan binatang tersebut. Contoh jenis penyakit yang memang bisa di tularkan melalui binatang diantaranya yaitu Toxoplasma, penyakit Ebola bahkan sampai Penyakit Sapi Gila.

Related Posts

Share This