Luar Biasa, Inilah Manfaat Rempah-rempah Untuk Kesehatan

Untuk mendapatkan kondisi tubuh yang sehat bugar tentunya harus manjaga kesehatan. Salah satu cara yang harus dilakukan yaitu menerapkan pola hidup sehat meliputi rutin berolahraga, mengkonsumsi makanan bergizi, mencukupi kebutuhan cairan, istirahat cukup dan menghindari segala hal yang bisa membahayakan kesehatan. Berbicara tentang pola hidup sehat, penulis akan mengulas manfaat rempah-rempah untuk kesehatan tubuh.

Tidak bisa dipungkiri bahwa makanan termasuk salah satu faktor yang memberikan pengaruh besar terhadap kesehatan tubuh. Setiap makanan yang kita konsumsi akan berdampak negatif dan positif. Pemilihan makanan tentunya harus dilakukan secara selekti dan jangan asal makan saja. Citarasa enak tidak menjamin bahwa makanan tersebut baik untuk tubuh.

Penambahan rempah-rempah alami ketimbang bumbu kemasan ternyata akan membuat masakan lebih lezat dan bermanfaat untuk kesehatan. Jenis rempah apa saja yang berguna untuk kesehartan tubuh? Berikut ini beberapa rempah yang berguna dalam menjaga kesehatan tubuh.

Jahe

Rempah yang satu memang sudah tidak asaing lagi terdengar ditelinga kita. Jahe banyak dimanfaatkan untuk penyedap masakan dan juga bisa dibuat minuman hangat. Makanan akan terasa nikmat jika ditambahkan rempah yang satu ini. Disamping itu, jahe juga sangat baik untuk kesehatan karena bisa melawan bakteri jahat pada saluran pencernaan, mengatasi kelelahan, menenanbgkan pikiran, mengatasi pilek, batuk dan mengobati sakit tenggorokan.

Kunyit

Kunyit biasanya digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan atau daging. Selain itu, kunyit juga terkenal sebagai pewarna alami makanan seperti pembuatan nasi kuning, nasi tumpeng, ayam bumbu kuning dan lain sebagainya. Selain itu, kunyit ternyata bisa mencegah pertumbuhan sel kanker, mencegah penyakit alzeimer dan meningkatkan imun tubuh.

Cengkeh

Cengkeh tergolong salah satu jenis rempah yang memiliki sifat antioksidan. Penamkbahan minyak cengkeh kedalam masakan akan menambah citarasa dan tentunya menjaga kesehatan tubuh sehingga terhindar dari infeksi bakteri dan jamur penyebab penyakit serius. Namun, jangan menambahkan cengkeh secara berlebihan karena bisa bereaksi sebagai racun.

Kayu Manis

Remaph yang satu ini akan membuat masakah lebih sedap dan lezat. Ketika ditambahkan kedalam masakan maka akan terasa lebih gurih dan nikmat. Kandungan nutrisi pada kayu manis bisa menurunkan resiko darah tinggi, serangan jantung dan penyakit diabetes. Bahkan kayu manis bisa menangkal radikal bebas penyebab penyakuit kanker.

Nah, itulah beberapa jenis rempah yang berguna untuk kesehatan tubuh. Tambahkanlah rempah tersebut kedalam masakan Anda secara teratur dan jangan berlebihan. Tindakan ini merupakan salah satu upaya untuk hidup sehat dengan cara yang simple dan tidak memerlukan biaya tinggi. Pada dasarnya hal-hal sederhana tanpa kita sadari memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan.Semoga bermanfaat. Salam sehat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517