Luar Biasa, Inilah Manfaat Menangis Untuk Kesehatan

Manfaat menangis mungkin belum banyak orang yang mengetahuinya. Pada dasarnya menangis sering dianggap sebagai luapan emosi dan perasaan dari dalam diri yang ditandai dengan air mata. Kebanyakan orang berpendapat merasa lebih nyaman dan tenang setelah menangis. Penyebabnya sangat beragam, baik itu karena masalah dalam keluarga, dengan teman atau bahkan dengan kekasih bagi pasangan muda mudi.

Menangis tidak hanya ketika sedih saja, namun pada waktu terharu atau senang juga bisa menitikan air mata. Air mata memang menjadi penanda suasana hati dan bisa membuat perasaan menjadi lebih tenang. Lalu apa saja manfaat menangis bagi kesehatan?

Secara umum menangis bisa membantu tubuh untuk melepaskan energi negatif yang sedang dirasakan dan menjadi salah satu cara alami bagi tubuh untuk mengatasi perasaan yang tidak diinginkan. Nah, berikut ini lebih jelasnya tentang mengenai manfaat menangis untuk kesehatan.

Menurunkan Stres

Salah satu manfaat menangis untuk kesehatan yaitu bisa menurunkan tingkat stres yang Anda rasakan. Pada waktu menangis, tubuh akan mengeluarkan hormone dan bahan kimia yang terbentuk akibat stres. Ketika air mata keluar maka semua zat kimia yang menumpuk tersebut akan keluar. Hal inilah yang membuat kebanyakan orang akan merasa lega setelah menangis.

Apabila Anda menahan air mata keluar maka sama saja artinya dengan menimbun hormone stres sehingga mengakibatkan berbagai masalah kesehatan. Bahkan hal ini bisa memicu tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Mencegah Flu dan Pilek

Secara umum flu disebabkan oleh bakteri yang masuk kedalam tubuh dengan berbagai cara. Nah, dengan menangis maka akan membantu mengatasi hal tersebut. Pada waktu menangis, air mata mengandung zat lisozim fluida yang bermanfaat untuk membunuh sekitar 95% bakteri. Dengan begitu maka bakteri penyebab penyakit bisa diminimalisir.

Bermanfaat Bagi Pikiran

Menangis memang sebuah bentuk respon tubuh terhadap suatu hal. Pada waktu air mata keluar maka secara tidak langsung tubuh akan memproduksi zat yang disebut dengan endorphin. Zat tersebut merupakan hormone bahagia yang berperan penting dalam menstabilkan mood, pikiran dan keseimbangan emosi seseorang.

Pada waktu menangis maka akan membantu tubuh untuk menstabilkan kinerjanya sehingga lebih baik lagi. Nah, dengan cara ini maka bermanfaat untuk memperbaiki kondisi pikiran sehingga terhindar dari stres.

Detoksifikasi Racun Tubuh

Menangis bisa juga menjadi pembersih racun dari dalam tubuh. Dengan menangis maka akan membantu mengeluarkan zat-zat racun dari dalam tubuh. dengan keluarnya air mata maka secara tidak langsung membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Nah, itulah manfaat menangis untuk kesehatan. Jadi ketika Anda ingin menangis sebaiknya jangan ditahan, keluarkan saja air mata sehingga akan membuat perasaan lebih tenang. Bahkan beban yang Anda rasakan bisa sedikit berkurang.

Related Posts

Share This