Luar Biasa, Inilah Manfaat Kapulaga Untuk Kesehatan

Anda tahu kapulaga? Kapulaga merupakan salah satu jenis rempah tradisional yang banyak dimanfaatkan sebagai bumbu dapur dan racikan obat. Aromanya yang wangi dan khas menjadikan rempah ini banyak dimanfaatkan untuk masakan. Selain itu, ternyata manfaat kapulaga untuk kesehatan sangat luar biasa. Kapulaga mengandung banyak nutrisi seperti magnesium, kalsium, vitamin dan nutrisi penting lainnya.

Meskipun ukurannya kecil, namun manfaatnya untuk kesehatan sangat luar biasa sekali. Hal ini karena kapulaga juga mengandung minyak atsiri yang berguna untuk mencegah infeksi penyakit. Berbicara manfaat kapulaga untuk kesehatan, apa saja sebenarnya manfaat yang bisa diperoleh? Berikut ini ulasan lengkapnya.

Inilah Beberapa Manfaat Kapulaga Untuk Kesehatan

  1. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Manfaat kapulaga yang pertama yaitu untuk meningkatkan sirkulasi darah. Kapulaga mengandung serat dan kalium yang berperan dalam hal tersebut. Maka dari itu, tambahkan kapulaga dalam masakan atau dibuat campuran untuk teh.

  1. Menjaga Kesehatan Lambung

Mengkonsumsi kapulaga bermanfaat untuk kesehatan pencernaan dan lambung. Bahkan kapulaga bisa mencegah sembelit karena kandungan serat yang cukup tinggi. Selain itu, kandungan minyak atsiri pada kapulaga berguna untuk mencegah masalah pencernaan lainnya seperti perut kembung.

  1. Memelihara Kesehatan Ginjal

Kapulaga memliliki sifat diuretic yang beperan penting dalam menjaga kesehatan ginjal. Kandungan tersebut juga bermanfaat untuk mengatasi penyakit saluran kemih seperti nefritis dan sistitis.

  1. Mencegah Penyakit Kanker

Sifat anti karsinogen yang terdapat pada kapulaga berguna dalam mencegah serta menghambat pertumbuhan sel-sel kanker yang membahayakan tubuh. Jika dikonsumsi secara rutin maka bisa mencegah adanya kanker prostat, payudara dan bahkan kanker ovarium.

  1. Menghilangkan Rasa Nyeri

Kapulaga memiliki sifat analgesic yang berguna untuk menghilangkan rasa sakit pada tubuh seperti nyeri otot. Bahkan sifat anti imflamasi pada kapulaga berguna untuk mencegah terjadinya peradangan pada gusi. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki masalah pada gigi dan gusi, gunakan kapulaga sebagai obat tradisional yang aman.

Nah, demikian berbagai manfaat yang bisa Anda peroleh dari kapulaga. Kapulaga bisa Anda tambahkan sebagai rempah-rempah alami untuk setiap masakan. Penambahan kapulaga bisa membuat aroma makanan menjadi lebih harum dan tentunya memiliki manfaat untuk kesehatan.

Kapulaga bisa dengan mudah diperoleh di supermarket atau bahkan pasar-pasar tradisional karena banyak yang menjualnya. Harganya cukup terjangkau jika dibandingakn dengan manfaatnya yang sangat luar biasa sekali.

Selain untuk masakan, kapulaga juga bisa dijadikan racikan untuk membuat minuman sehat. Anda bisa menambahkan kapulaga kedalam teh hangat. Aroma khas kapulaga akan membuat teh yang Anda sajikan lebih nikmat dan harum. Bagaimana tertarik untuk mulai mengkonsumsi kapulaga? Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517