Luar Biasa, Inilah Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan

Manfaat donor darah bagi kesehatan mungkin belum sepenuhnya diketahui oleh masyarakat banyak pada umumnya. Bahkan kebanyakan enggan untuk melakukan donor darah. Padahal donor darah sangat banyak manfaatnya untuk membantu sesama yang dalam keadaan terbaring sakit. Biasanya transfuse darah dibutuhkan untuk mereka yang mengalami kecelakaan, pendarahan waktu melahirkan dan lain sebagainya.

Saling membantu sejatinya harus dilakukan oleh setiap orang karena manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Jangan pernah ragu untuk mendonorkan darah dalam upaya membantu sesama kita. Jika memang darah kita mencukupi dan memenuhi kriteria yang dibutuhkan maka bantulah mereka yang membutuhkan. Selain sebagai bentuk kepedulian sosial, donor darah juga ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaat donor darah bagi kesehatan? Berikut ini simak penjelasannya!

Menurunkan Risiko Penyakit Kanker

Salah satu manfaat menyumbangkan darah untuk mereka yang membutuhkan diantaranya yaitu bisa menurunkan risiko penyakit kanker. Seperti yang kita ketahui bahwa didalam darah terdapat kandungan mineral zat besi. Nah, zat besi yang banyak didalam darah sebenarnya bisa meningkatkan adanya kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Oleh karena itu mendonorkan darah bisa meminimalisir timbunan zat besi sehingga risiko kanker bisa berkurang. Bahkan Anda akan terhindar dari kanker secara keseluruhan.

Baik Untuk Kesehatan Jantung

Mendonorkan darah secara teratur akan memelihara kesehatan jantung. Dengan mendonorkan darah maka akan menghindarkan proses pengentalan darah yang bisa membahayakan. Donor darah akan membuat sirkulasi darah menjadi lancar. Dengan begitu maka jantung Anda akan selalu dalam keadaan sehat dan terhindar dari risiko penyakit serangan jantung maupun stroke.

Menurunkan Berat Badan Berlebih

Menurut sebuah studi menemukan bahwa orang yang mendonorkan darah akan memiliki berat badan yang ideal. Hal ini karena proses donor darah akan membantu membajar lemak sekitar 650 kalori. Dengan begitu jika Anda ingin memiliki berat badan yang ideal maka lakukan donor darah secara teratur.

Itu mungkin hanya sebagian kecil dari manfaat donor darah bagi kesehatan. Jika di telisik lebih jauh lagi masih banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan donor darah. Jangan pernah takut dan jangan pernah ragu untuk mendonorkan darah guna membantu kesehatan orang lain dan juga bermanfaat untuk kesehatan kita sendiri. Selagi kondisi tubuh kita tidak ada gangguan maka lakukanlah donor darah.

Perhatikan kesehatan tubuh supaya darah yang kita donorkan bisa membantu orang lain dengan baik. Untuk menjaga kesehatan darah sebaiknya perhatikan konsumsi makan yang bergizi, rajinlah berolahraga dan hindari konsumsi makanan minuman yang tidak sehat seperti konsumsi minuman bersoda, minuman beralkohol dan lain sebagainya. Hal ini karena bisa merusak kesehatan Anda dan juga kesehatan darah.

Konsumsilah makana yang baik untuk darah seperti sayuran dan buah-buahan. Menjaga kesehatan darah adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh. Jika darah sehat maka tubuh kita juga akan dalam keadaan sehat. Sebaliknya jika kesehatan atau sirkulasi darah terganggu maka penyakit berbahaya seperti serangan jantung, stroke dan gagal ginjal mungkin bisa menghampiri.

Pola hidup sehat dan makan sehat sehari-hari adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan darah sejak dini. Berlaku sehat hari ini maka Anda akan sehat untuk selamanya. Jangan ragu dan lakukan hidup sehat saat ini juga. Donorkan darah Anda untuk yang membutuhkan dan rasakan manfaat donor darah bagi kesehatan tubuh.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517