Luar Biasa, Inilah Manfaat Buah Blewah Yang Belum Anda Ketahui!

Blewah merupakan salah satu jenis buah yang paling banyak dicari ketika bulan suci Ramadhan tiba. Pada dasarnya blewah digunakan untuk membuat minuman yang menyegarkan seperti es buah ataupun sup buah. Tidak hanya menyegarkan ketika dahaga, ternyata manfaat buah blewah sangat luar biasa untuk kesehatan.

Blewah mengandung vitamin, karbohidrat, mineral dan beberapa nutrisi penting lainnya. Blewah juga  tergolong jenis buah yang memiliki kandungan antioksidan untuk menangkal berbagai macam radikal bebas yang bisa membahayakan kesehatan. Selain itu, kandungan air pada blewah sangat tinggi yang berguna untuk menghidrasi tubuh dan memperlancar saluran pencernaan.

Berikut Ini Beberapa Manfaat Blewah Untuk Kesehatan

  • Menjaga Kesehatan Gusi

Salah satu manfaat buah blewah yaitu untuk membantu menjaga kesehatan gusi. Hal ini karena kandungan vitamin C pada blewah sangat tinggi. Dengan mengkonsumsi buah ini secara rutin akan senantiasa memelihara kesehatan mulut serta gusi.

  • Untuk Kesehatan Mata

Selain vitamin C, blewah juga kaya akan kandungan vitamin A yang berperan penting dalam menjaga kesehatan mata.

  • Memelihara Kesehatan Kulit

Vitamin A pada blewah memiliki banyak fungsi dan manfaat. Selain untuk menjaga kesehatan mata, vitamin A juga berguna untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah terjadinya penuaan dini. Bahkan vitamin C berguna untuk membantu ,proses sintesis kolagen.

  • Menurunkan Tekanan Darah

Hipertensi merupakan salah satu jenis penyakit berbahaya. Nahm, untuk meredakan penyakit tersebut maka Anda bisa mengkonsumsi buah blewah secara teratur. Kandungan vitamin C blewah sangat amapuh dalam mengontrol dan menurunkan tekanan darah.

  • Menurunkan Kolesterol

Tingginya kandungan vitamin C pada blewah menjadikan buah yang satu ini ampuh untuk menjaga kesehatan kardiovaskuler. Dengan mengkonsumsi buah blewah maka Anda akan terhindar dari pembekuan darah, terhindar dari kolesterol dan memperkuat dinding kapiler.

  • Mencegah Kanker Rahim

Manfaat buah blewah juga sangat luar biasa untuk kesehatan wanita. Kandungan vitamin C dan betakaroten serta asam folat berperan penting untuk menghambat pertumbuhan sel kanker pada rahim.

  • Baik Untuk Kehamilan

Asam folat dibutuhkan oleh ibu hamil dalam mencegah janin lahir cacat. Nah, blewah menyediakan asam folat dalam jumlah yang relative tinggi. Konsumsi buah blewah pada saat hamil berguna dalam menjaga kesehatan ibu hamil dan menunjang perkembangan si kecil dalam kandungan.

  • Buah Yang Aman Untuk Penderita Diabetes

Buah blewah memiliki indeks glikemik rendah sehingga aman jika dikonsumsi oleh penderita diabetes maupun obesitas.

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin A dan vitamin C pada blewah memiliki peranan yang sangat penting untuk kesehatan yaitu membantun meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk mencegah infeksi berbagai penyakit yang bisa mengancam kesehatan tubuh Anda.

Related Posts

Share This