Luar Biasa, Inilah Manfaat Belut Untuk Ibu hamil

Belut termasuk salah satu jenis ikan yang memiliki bentuk panjang dengan bentuk kepala bulat seperti ular. Apabila dianalogikan, belut memang hampir serupa dengan ular, akan tetapi belut termasuk kedalam jenis ikan. Belut hidup di air tawar dan paling menyukai tempat yang berlumpur seperti sawah. Terlepas dari hal tersebut, pada kesempatan ini penulis akan mengulas tentang manfaat belut untuk ibu hamil.

Ikan belut mengandkung banyak sekali nutrisi seperti kalsium, protein, vitamin A, vitamin B6, vitamin, B12, vitamin C, vitamin E yang berguna untuk tubuh. Disamping itu, belut juga mengandung sedikit lemak. Bahkan belut kaya akan kandungan omega-3, omega-6, folat, niasin, riboflavin, thiamin, zat besi, kalsium, potassium, posfor dan nutrisi penting lainnya.

Mengingat banyaknya kandungan nutrisi pada belut, maka jenis ikan yang satu ini sangat berguna untuk mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil. Lalu apa saja manfaat belut untuk ibu hamil? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Menjaga Penglihatan

Salah satu manfaat belut untuk ibu hamil yaitu menjaga kesehatan indera penglihatan. Hal ini terkait dengan gangguan mata minus yang sering dialami oleh ibu hamil. Maka dari itu, tidak ada salahnya bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi belut secara teratur dalam melengkapi kebutuhan gizi dan menghindari resiko terkena gangguan penglihatan.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ibu hamil rentan terkena infeksi penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Penurunan sistem imun memang kerap kali terjadi pada ibu hamil sebagai bagian dari pengaruh hormone kehamilan. Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut maka konsumsi belut sangat berguna untuk meningkatkan sistem imun ibu hamil. Hal ini karena belut mengandung beragam vitamin yang berperan penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

Menjaga Kesehatan Jantung

Konsumsi belut selama masa kehamilan berguna untuk menjaga kesehatan jantung ibu hamil dan ljuga bayi. Kandungan nutrisi dari belut akan membantu mengoptimalkan fungsi jantung sehingga memiliki pacu denyut yang bagus untuk mengalirkan darah ke sluruh tubuh dan otak.

Menunjang Perkembangan Otak Bayi

Kandungan omega-3 pada belut berguna untuk memebantu perkembangan kecerdasan otak bayi. Hal ii karena belut mengandung omega-3. Selain itu, belut juga tinggi kandungan asam folat sehingga membantu penyambungan sinaps did alam otak.

Mencegah Kanker Payudara

Wanita yang sudah menikah dan hamil sangat rentan terkena kanker payudara. Nah, dengan konsumsi belut tersebut maka sangat berguna untuk mencegah pertumbuhan sel-sel kanker payudara pada ibu hamil sehingga mempersiapkan kondisi payudara yang sehat menjelang proses menyusui.

Nah, itulah manfaat luar biasa yang bisa Anda peroleh dari belut. Konsumsi secara teratur untuk memperoleh manfaat yang luar biasa tersebut. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This