Luar Biasa, Inilah Khasiat Seledri Pada Bagian Tangkainya

Khasiat seledri mungkin sebagian orang sudah mengetahuinya. Seledri merupakan salah satu tanaman yang sering digunakan sebagai bumbu pelengkap dalam membuat masakan. Seledri digunakan untuk membuat aroma makanan semakin lezat dan menggugah selera. Kebanyakn biasanya menggunakan seledri hanya pada bagian daun saja. Tahukah Anda jika seledri memiliki manfaat yang luar biasa tidak hanya pada bagian daun saja, namun batang seledri memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan.

Tangkai seledri memang jarang digunakan ketika memasak. Jika ditelusuri lebih jauh lagi ternyata pada bagian batang tersebut mengandung manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Salah satu contohnya yaitu untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Nah, Berikut Ini Beberapa Manfaat Yang Bisa Diperoleh Dari Tangkai Seledri

Meredakan Peradangan

Salah satu manfaat tangkai seledri yaitu untuk membantu meredakan peradangan. Hal ini karena pada bagian batang seledri mengandung zat anti imflamasi yang bermanfaat untuk menyembuhkan luka atau peradangan. Selain itu, pada bagian batang tersebut juga mengandung zat yang bisa menstimulus hormone kortison untuk meredakan rasa nyeri.

Kesehatan Pencernaan

Khasiat tangkai seledri yang selanjutnya yaitu untuk memperlancar pencernaan. Seledri kaya akan kandungan mineral dan air untuk membantu proses penyerapan nutrisi makanan pada bagian usus. Nah, bagian tangkai seledri juga memiliki khasiat yang sama sehingga bisa mencegah konstipasi atau gangguan pencernaan lainnya.

Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi memang bisa menyebabkan berbagai penyakit yang berbahaya seperti serangan jantung dan stroke. Seledri kaya akan kandungan potassium yang bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Disamping itu zat tersebut bisa membantu dalam merelaksasikan pembuluh darah.

Menjaga Memori Otak

Selederi memang memiliki banyak khasiat seperti mencegah kanker dan mengobati peradangan. Nah, disamping itu kandungan zat luteolin pada seledri mampu menjaga memori otak sehingga menghindarkan dari kerusakan.

Menurunkan Berat Badan

Nah, bagi Anda yang mengalami kelebihan berat badan bisa memperoleh manfaat dari batang seledri. Batang seledri atau bagian lain dari seledri sangat rendah kalori sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai diet rendah kalori dalam upaya menurunkan berat badan.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Seledri kaya akan kandungan senyawa antioksidan berupa flavonoid. Manfaatnya sudah jelas yaitu untuk menangkal radikal bebas sehingga meningkatkan imunitas tubuh. Bahkan bisa mencegah tumbuhnya sel-sel kanker. Pada dasarnya mengkonsumsi seledri akan melindungi tubuh dari ancaman penyakit berbahaya.

Mengurangi Kerontokan Rambut

Masalah kerontokan rambut bisa diatasi dengan menggunakan seledri. Bagian tangkai seledri bisa Anda gunakan untuk membantu mencegah terjadinya kerontokan yang lebih parah. Seledri memiliki kandungan nutrisi yang bisa memperkuat bagian akar rambut sehingga tidak mudah patah dan rontok.

Luar biasa sekali bukan manfaat yang terdapat pada bagian tangkai seledri? Seledri bisa dikonsumsi dengan cara dimasukan kedalam berbagai jenis masakan sesuai dengan selera Anda. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517