Luar Biasa, Inilah Khasiat Buah Jamblang Untuk Kesehatan

Khasiat buah jamblang mungkin belum banyak orang yang mengetahuinya. Buah yang satu ini sekilas nampak seperti anggur dan blueberry, namun ternyata buah ini merupakan buah jambu. Adapun yang membedakannya adalah bentuk, warna dan ukuran yang terbilang cukup aneh.

Buah yang satu ini cukup langka dan didaerah-daerah tertentu namanya sangat beragam muali dari duwet, jambu keeling, jamblang dan lain sebagainya. Karena populasinya yang sangat langka, menjadikan buah yang satu ini sulit untuk ditemukan dan bahkan buah ini hanya tumbuh di hutan saja.

Namun di beberapa pasar tradisional, buah ini biasanya dijual pada bulan September hingga oktober. Buah jamblang memiliki rasa yang khas yaitu antara rasa manis dan lengket yang sedikit sepet serta asam. Buah jamblang memiliki kulit mengkilap dan warna daging buah putih agak keunguan.

Kandungan zat pektin pada buah jamblang biasanya akan meninggalkan warna ungu pada bagian lidah jika Anda memakannya. Buah jamblang memiliki orasa yang enak dan manfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaat dan khasiat buah jamblang untuk kesehatan tubuh?

Beberapa Khasiat Buah Jamblang Untuk Kesehatan

  1. Mengatasi Masalah Pada Pencernaan

Salah satu manfaat buah jamblang untuk kesehatan adalah membantu mengatasi masalah pencernaan seperti gejala perut kembung dan sembelit. Jus buah ini lebih enak dikonsumsi setelah dipisahkan dari bijinya.

Kandungan serat pada buah ini sangat tinggi dan kandungan gula pada buah ini bisa mengatasi masalh pencernaan. Tidak ada salahnya jika Anda mengkonsumsi buah yang satu ini untuk menjaga kesehatan pencernaan.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Kandungan zat besi, magnesium, posfor dan kalsium pada buah jamblang bisa membantu menjaga kepadatan tulang serta mencegah terjadinya kerusakan pada gigi. Bahkan buah yang satu ini sangat berguna untuk mencegah osteoporosis.

  1. Menurunkan Kadar Gula atau Diabetes

Buah jamblang mengandung sifat astringent, glukosida phytomelin dan alfa phytosterol yang berguna dalam emngontrol kadar gula dalam darah serta mencegah kolesterol yang berlebih. Bahkan sifat astringent dari buah ini bisa menyembuhkan luka pada penderita diabetes.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung dan Mata

Kandungan kalium dan sodium pada buah ini bisa mengatur otot jantung serta menyeimbangkan irama jantung untuk mencegah berbagai jenis penyakit yang mematikan. Disamping itu kandungan vitaminA pada buah jamblang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah katarak.

  1. Sumber Energi Bagi Tubuh

Rasa manis buah jamblang menjadikan buah ini sangat enak untuk disantap. Bahkan kandungan lemak, protein dan karbohidrat bisa menjadi sumber energi yang baik bagi tubuh. Bahkan mengkonsumsi buah yang satu ini lbisa membantu pemcecahan zat pati menjadi zat gula.

Related Posts

Share This