Latihan Khusus Menjelang Persalinan

Ketika memasuki kehamilan tahap akhir, banyak hal yang perlu dipersiapkan bagi ibu hamil supaya persalinan berjalan lancar dan normal. Hal-hal yang harus dipersiapkan diantaranya yaitu tempat bersalin, perlengkapan ibu dan bayi dan biaya persalinan. Selain itu, ibu hamil juga harus mempersiapkan fisik dan mental menjelang persalinan sebab proses ini akan menguras banyak tenaga. Salah satu persiapan fisik menjelang persalinan yaitu dengan melakukan latihan khusus seperti senam hamil, yoga atau latihan meditasi.

Latihan menjelang persalinan seperti senam hamil akan memberikan banyak manfaat terutama dalam hal memudahkan jalannya proses persalinan. Untuk menyiapkan tubuh menjelang persalinan, ibu hamil dianjurkan untuk melakukan latihan khusus yang berkaitan dengan kondisi fisik. Apa saja latihan tersebut?

Berikut Ini Jenis Latihan Yang Disarankan Bagi Ibu Hamil Tahap Akhir

  • Latihan Pernapasan

Salah satu latihan ringan yang disarankan bagi ibu hamil menjelang persalinan yaitu melatih nafas. Pengaturan nafas yang baik dan panjang menjadi modal untuk menunjang proses persalinan normal. Maka dari itu bagi Anda yang menginginkan persalinan lancar dan mudah, sebaiknya mulailah untuk melatih pernafasan.

Melatih pernafasan bisa Anda lakukan dengan berbagai cara yaitu dengan posisi berdiri dan kaki direnggangkan kemudian mengangkat tangan perlahan sambil menarik nafas. Lalu tahan sejenak dan turunkan sambil melepaskan nafas secara perlahan. Latihan ini bisa Anda lakukan secara berulang dan teratur setiap hari.

  • Latihan Kegel

Kegel merupakan salah satu latihan yang banyak dilakukan oleh kelas senam di hampir seluruh dunia. Kegel memiliki banyak manfaat untuk fisik ibu hamil menjelang proses persalinan. Latihan ini bertujuan untuk melatih otot yang akan berperan dalam proses persalinan nantinya. Selain itu latihan ini bermanfaat untuk mencegah wasir, mencegah terjadinya robekan yang lebih besar pada bagian perineum dan menghindari pembekuan darah dalam kehamilan.

Latihan ini dilakukan dengan cara menarik otot area kewanitaan serta dubur kemudian menahannyaselama beberapa saat dan lepaskan dalam posisi duduk. Lakukan secara berulang setiap hari secara rutin.

  • Latihan Berjongkok

Latihan ini bertujuan untuk mempersiapkan fisik serta menguatkan otot pada area panggul dan paha. Selain itu latihan ini juga bertujuan untuk membuat posisi bayi dalam keadaan benar di jalan lahir dan melenturkan otot kewanitaan. Caranya yaitu dengan berjongkok sambil menggerakan dengkul dan paha Anda. Gerakan tersebut membuka dan menutup selama beberapa menit.

  • Latihan Panggul

Latihan ini bertujuan untuk melatih dan menguatkan otot panggul untuk menjalani persalinan. Disamping itu, latihan ini akan membantu mengatasi nyeri punggung dan melancarakan sirkulasi darah di area panggul. Latihan ini termasuk latihan fisik yang dilakukan dalam posisi merangkak dengan tumpuan siku dan dengkul. Kemudian tarik otot dubur dan tahan beberapa saat kemudian lepaskan. Lakukan secara rutin minimal 20 kali setiap latihan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517