Latihan Keseimbangan Untuk Membantu Bayi Yang Baru Belajar Duduk

Pada usia lima sampai enam bulan merupakan tahap transisi bagi perkembangan bayi. Sebelum memasuki tahapan ini bayi masih terjebak dalam posisi yang tidak dapat bergerak sendiri ataupun duduk sendiri. Nah, pada bulan keenam ini bayi sudah mulai belajar untuk bergerak dan duduk sendiri. Belajar duduk merupakan salah satu kemampuan yang paling utama ketika bayi memasuki usia enam bulan.

Pada usia enam bulan, bayi Anda sudah mulai menunjukan sosok yang bisa mempelajari keseimbangan. Tahapan proses belajar bayi dari usia empat bulan sampai enam bulan merupakan tahapan yang paling menarik. Begitu bayi sudah bisa menguasai keseimbangan tubuhnya untuk duduk, bayi tidak akan lagi berusaha menyeimbangkan kepala dan tangannya untuk menahan keseimbangan.

Membantu Bayi Belajar Duduk

Cara Yang Bisa Dilakukan Untuk Membantu Bayi Yang Baru Bisa Duduk

Hal pertama yang dipelajari oleh bayi supaya bisa duduk sendiri yaitu dengan menguasai keseimbangan tubuhnya. Pada awal-awal biasanya bayi masih menggunakan tangan sebagai penyangga tubuhnya. Ketika bayi mulai belajar untuk melepaskan tangannya satu persatu maka bayi menahan punggungnnya untuk tetap berdiri tegak. Bayi belum sepenuhnya memiliki kemampuan untuk membetulkan posisi tubuhnya agar tetap seimbang, maka dari itu Anda harus membantunya untuk pertama kali ketika bayi belajar duduk. Berikut ini cara untuk membantu bayi yang baru pertama kali bisa duduk.

  • Untuk menjaga keseimbangan saat pertama kali bayi belajar duduk sebaiknya Anda meletakkan bantal disekeliling bayi. Hal ini untuk melindungi bayi supaya tidak terjatuh ke belakang ataupun ke samping yang bisa membahayakan bayi.
  • Supaya posisi bayi tetap kokoh ketika baru pertama kali bisa duduk, letakkan bayi diatas karet busa yang berbentuk seperti tapal kuda. Karet busa seperti ini akan membantu bayi untuk mempertahankan keseimbangan tubuhnya. Lama kelamaan bayi akan terbiasa ketika karet busa tersebut dilepaskan.
  • Apabila Anda dan bayi bermain diatas lantai, sebaiknya posisikan bayi untuk duduk diantara kaki Anda yang terjulur (posisi duduk Anda selonjoran). Kaki Anda akan digunakan oleh bayi sebagai pegangan untuk tetap menjaga keseimbangan tubuhnya.
  • Cara lain untuk membantu bayi yang baru bisa duduk yaitu dengan memberikan mainan yang bisa membantunya untuk mempelajari keseimbangan tubuh. Ketika bayi terfokus untuk meraih mainan maka dia akan lupa dan melepaskan tangannya yang digunakan sebagai penopang keseimbangan. Nah, dengan cara seperti ini bayai akan terbiasa duduk tanpa harus menggunkan tangan sebagai penopang tubuh.
  • Sebagian bayi mungkin Ada yang masih ketakutan untuk melepaskan tangannya. Untuk menstimulus bayi supaya melepaskan tangannya yang digunakan sebagai penopang, Anda bisa menaruh mainan atau balok khusus untuk mainan bayi di depannya. Hal ini akan membantu bayi terstimulus untuk melepaskan tangannya dan meraih balok tersebut sehingga keseimbangan badannya perlahan akan membaik.
  • Mainan gantung juga bisa membantu bayi untuk melepaskan tangannya ketika duduk. Bayi akan berusaha meraih mainan tersebut ketika diayunkan sehingga secara tidak sadar dia akan melepaskan tangan yang digunakan sebagai penopang.

Pada waktu melatih keseimbangan bayi, Anda harus benar-benar memastikan keamanan dan keselamatan bayi supaya tidak jatuh dan terbentur ke lantai. Bayi yang baru pertama kali belajar duduk sendiri belum sepenuhnya bisa menjaga keseimbangan tubuh sehingga bisa secara tiba-tiba terjatuh. Ketika bayi Anda sudah bisa duduk sendiri dengan posisi yang lebih baik maka hal ini akan menjadi kebahagiaan tersendiri bagi Anda. Selain itu, Anda juga akan menikmati posisi duduk yang lebih nyaman karena bayi jarang menangis untuk minta digendong.

Related Posts

Share This